Thursday, September 10, 2020

Cara Menampilkan Waktu Lengkap Pada Pemrograman PHP

Menampilkan Waktu PHP

Jokam-Informatika.com Bagi sobat yang sering disakitin oleh ceweknya, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara “Menampilkan Waktu Di Pemrograman PHP“. PHP merupakan pemrograman tingkat lanjut yang paling banyak diminati karena memiliki banyak varian proses yang dimilikinya untuk membuat sebuah website statis yang lebih ringan daripada versi lama yaitu html. PHP, juga diminati karena banyak programmer yang percaya kalau pemrograman ini sangat modern dan juga canggih. Hampir semua kegiatan modern layaknya robot dapat dilakukan oleh pemrograman yang satu ini, mungkin jika bisa dinilai maka mimin akan menyetarakan pemrograman yang satu ini dengan pemrograman java. Bedanya, php lebih berkutat pada fungsional nya terhadap website atau server hosting online.

Untuk mereka yang ingin menguasai pemrograman yang satu ini maka diperlukan beberapa waktu yang cukup lama untuk memahami dan benar-benar menguasai pemrograman yang satu ini, dikarenakan pemrograman ini memiliki kode sangat banyak dan kompleks. Akan tetapi, jangan pernah pesimis karena tidak ada seseorang yang benar-benar bisa menguasai nya selain dari kemauan dan kegigihannya dalam mempelajari struktural pemrograman ini.

Sedangkan waktu merupakan hal yang paling penting di kehidupan dunia nyata maupun dunia maya, pasalnya semua kegiatan harus memiliki dasar waktu sebelum kita atau mereka menjalankan kegiatan tersebut. Nah, ternyata PHP dapat membantu anda untuk menemukan informasi waktu anda saat ini. Selain untuk sekedar informasi, metode waktu ternyata juga dimanfaatkan untuk mengontrol sebuah perangkat atau sebuah aktivitas robot(bot) dalam menjalankan perintah sesuai dengan pembuatnya yaitu programmer php itu sendiri.

Seseorang yang belum banyak menguasai PHP pasti terkadang lupa kode yang harus dipakai. Nah, di sini saya akan membantu sobat mengatasi hal tersebut.

Menampilkan Waktu PHP

Pada pemrograman php ternyata cukup mudah karena memanfaatkan beberapa baris perintah saja. Namun, sebelum kita menuju ke mengimplementasikan kodenya alangkah baiknya kita mempelajari kode apa yang harus dipakai dan fungsi apa jika kita menggunakan kode tersebut. Berikut ini adalah tabel nya :

Pengkodean Waktu Pemrograman PHP
No.CodeFungsi
1l (Huruf “L” Kecil)Menampilkan nama hari sekarang dalam bahasa inggris.
2dMenampilkan tanggal sekarang dalam 2 digit (01-31).
3mMenampilkan bulan sekarang dalam 2 digit (01-12).
4YMenampilkan tahun sekarang dalam 4 digit (Contoh : 2020).
5hMenampilkan waktu jam sekarang (01-12).
6iMenampilkan waktu menit sekarang (00-59).
7sMenampilkan waktu detik sekarang (00-59).
8aMenampilkan fungsi tanda baca waktu (am/pm).

 

Implementasi Kode Waktu

Setelah kita mempelajari kode dan fungsi apa saja yang dapat menampilkan informasi waktu, maka sekarang saatnya kita praktek dengan cara mengimplementasikan kode pada php. Seperti berikut ini :

<?php$hari = date('l');$tanggal = date('d');$bulan = date('m');$tahun = date('Y');$jam = date('h');$menit = date('i');$detik = date('s');$waktu = date('a');$lengkap = date('l, d-m-Y h:i:s a');echo "Sekarang hari = ".$hari."<br />";echo "Sekarang tanggal = ".$tanggal."<br />";echo "Sekarang bulan = ".$bulan."<br />";echo "Sekarang tahun = ".$tahun."<br />";echo "<br /><br />";echo "Sekarang jam = ".$jam."<br />";echo "Sekarang menit = ".$menit."<br />";echo "Sekarang detik = ".$detik."<br />";echo "<br />";echo "Sekarang waktu = ".$waktu."<br />";echo "<br /><br />";echo "Waktu lengkap = ".$lengkap."<br />";?>

 

Hasilnya :

Sekarang hari = Thursday
Sekarang tanggal = 10
Sekarang bulan = 09
Sekarang tahun = 2020

Sekarang jam = 06
Sekarang menit = 12
Sekarang detik = 13

Sekarang waktu = am

Waktu lengkap = Thursday, 10-09-2020 06:11:24 am

 

Bagaimana ?
Cukup mudah bukan menampilkan waktu pada pemrograman PHP.

 

 

Mungkin cukup sekian tutorial dari saya tentang Cara Menampilkan Waktu Lengkap Pada Pemrograman PHP.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini dapat memberikan sobat solusi dalam hal menampilkan waktu pada pemrograman PHP.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • Menampilkan Tahun PHP
  • Menampilkan Tanggal PHP
  • Menampilkan Hari PHP
  • Tampilkan Tahun Terbaru PHP
  • Tampilkan Tahun Sekarang PHP
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments