Saturday, November 2, 2019

Cara Membuat Button Exit Langsung Keluar Pada Android Studio

Button Exit Android Studio

Jokam-Informatika.com Salah satu fitur untuk keluar aplikasi adalah Button Exit, fitur ini dapat kita buat menggunakan aplikasi Android Studio. Hal ini dirasa sangat penting, karena apabila pengguna aplikasi ingin menyudahi atau berhenti menggunakan aplikasi sobat maka tombol exit(keluar) disini bekerja. Sehingga sirkulasi alur aplikasi dapat berjalan secara baik seperti halnya alur sebuah ruangan umum yakni ada pintu masuk dan ada juga pintu keluar.

Seperti apakah cara membuat tombol keluar pada aplikasi android studio ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui pembuatannya secara lengkap,

 

Button Exit – Pada aplikasi android studio tombol ini digunakan untuk pengguna agar mereka bisa keluar aplikasi secara normal. Fungsi tombol ini merupakan salah satu metode yang digunakan untuk aplikasi android didalam membuat sebuah program agar dapat keluar dari aplikasi dan langsung menutup semua aktifitasnya tanpa adanya “Sayangnya Program Telah Berhenti“. Karena apabila hal ini tampil yaitu sayangnya program telah terhenti tersebut menandakan bahwa program anda hakikatnya gagal didalam menghentikan aplikasi dengan benar.

Karena banyak semua orang yang tidak memasukan metode ini maka apabila program yang dibuatnya ditekan tombol kembali maka akan mengeluarkan notif sayangnya aplikasi telah terhenti secara mendadak. Maka untuk mengatasi hal ini, anda dapat memberikan sebuah fitur yang berguna untuk pengunjung aplikasi anda agar lebih sehat dalam menghentikan aplikasi anda.

Berikut ini adalah caranya :

  • Pertama, Buat button terlebih dahulu tentunya, misalnya kita membuat button di main_activity.xml maka anda masukan code button seperti biasanya anda membuat button, jangan lupa deklarasikan Id dari button tersebut seperti berikut ini(Ini hanya contoh alias tidak wajib anda samakan) :
<Button android:id="@+id/Exit" android:text="Tutup" android:textStyle="bold" android:textColor="#000000" android:layout_gravity="right|top" android:layout_marginRight="8dp" android:layout_marginTop="8dp" android:layout_width="90dp" android:layout_height="40dp" />

 

  • Kedua, Edit JavaClass dari project anda. Dalam hal ini anda dapat menempatkan pada JavaClass utama atau JavaClass lainnya, asalkan didalam onCreate terdapat button yang dimaksud, maka dalam hal ini harus berhubungan dengan main_activity.xml didalam onCreate Activity.

Anda harus menambahkan script deklarasi klik dan deklarasi penamaan pada button berikut ini didalam onCreate activity dengan script dibawah ini :

Button exit = (Button) findViewById(R.id.Exit);exit.setOnClickListener(new View.OnClickListener() { @Override public void onClick(View view) {  Exit(); }});

 

  • Lalu tambahkan fungsi untuk menghentikannya semua aktifitas pada saat tombol diklik dengan script ini diluar onCreate :
public void Exit(){ finish();}

 

Sehingga menjadi seperti ini :

public class About extends Activity {@Overrideprotected void onCreate(Bundle Jokam_Informatika) { super.onCreate(Jokam_Informatika); setContentView(R.layout.about); Button exit = (Button) findViewById(R.id.Exit); exit.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {  @Override  public void onClick(View view) {   Exit();  } });}public void Exit(){ finish();}}

 

Setelah selesai maka anda dapat Build APK anda kemudian menjalankannya dan mengklik tombol yang sudah anda buat dialam APK tersebut.

 

Baca juga lainnya :

 

 

Itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel Cara Membuat Button Exit Langsung Keluar Pada Android Studio.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda dan semua orang yang sedang membutuhkan dan mencari tutorial ini.
Sekian dan Terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments