Monday, September 24, 2018

Tagging input Readonly Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <input> Readonly Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging input Readonly Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Formulir adalah salah satu media yang digunakan oleh administrator sebuah website untuk mendapatkan informasi pengunjung dengan tujuan untuk pendaftaran calon peserta, survey, minat dan lain sebagainya. Nah, ada salah satu input form yang tidak dapat diedit bukan berarti tidak berfungsi namun form tersebut ditujukan agar pengguna tidak dapat mengeditnya karena berbagai alasan tertentu.

Nah, salah satu atribut yang dimiliki Tag Input adalah "Readonly".

Seperti apakah fungsi dari Atribut Readonly pada Tag Input pada HTML ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Readonly - Adalah salah satu atribut yang dimiliki oleh tag Input dan memiliki fungsi agar pengguna tidak dapat mengedit value atau isi yang ada didalamnya. Contoh kecil fungsi yang diterapkan pada form yakni mengenai kepala telepon +62, jika nomor kepala tidak dapat diedit maka formulir dikhususkan hanya untuk calon pendaftara yang memiliki nomor telepon indonesia saja yang memiliki nomor negara (+62). Hal ini bisa saja digunakan selain untuk masalah input nomor telepon formulir, jika anda menghendaki maka anda bisa menggunakan atribut ini untuk keperluan lain misalnya umur khusus 18+, daerah pendaftar khusus pulau jawa, refferal dan lain sebagainya.

Apabila sobat ingin menerapkannya pada website kalian maka sobat dapat mempelajari cara pengkodean di bawah ini :


Syntax :

<input readonly>

Penerapan Syntax :


<form action="#">
 Nomor telepon : <input type="text" name="headphone" value="+62" size="1" readonly> <input type="number" name="phone" min="0" max="99999999999" required><br>
 <input type="submit" value="Submit">
</form>


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <input> Tagging ?
Klik disini : Tagging <input> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <input> Readonly Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <input> Readonly HTML.
Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments