Saturday, June 23, 2018

Tagging a Href Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <a> Href Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging <a> Href Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sebelumnya sobat tentunya sudah pernah mempelajari tentang salah satu tag content yang digunakan pada pemrograman HTML yaitu <a>, yang mana ia dapat difungsikan sebagai addressing tag dan dapat mengarahkan seorang pengunjung yang sudah mengklik tulisan untuk memproses atau mengarahkan pengunjung ke halaman yang lainnya.

Tapi tak hanya itu saja lho, pasalnya fungsi ini ternyata juga dapat digunakan untuk melakukan sebuah fungsi script ataupun melakukan pengiriman email. Fungsi ini paling banyak dominan dan digunakan untuk keperluan pembuatan website, terutama bagi website download yang sering mengarahkan pengunjung kepada file yang diinginkan oleh mereka.

Ketika bekerja untuk mengarahkan pengunjung ke suatu proses fungsi maupun halaman, Attribute ini bernama Href dan bekerjasama dengan <a> dalam menentukan sebuah ketentuan pengalamatan.

Seperti apakah itu Attribute Href itu ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Href - Adalah sebuah atribut yang digunakan untuk men deklarasi jenis konten data yang dimuat pada tagging <a>, tagging ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh berbagai administrator ataupun blogger, mereka biasanya menghias dengan menggunakan stylis css dan mendeklarasikan pengalamatan dengan menggunakan Href.

Tanpa adanya atribut ini mungkin setelah pengunjung mengeklik tulisan yang mereka klik maka pengunjung masih akan tetap berada di halaman tersebut, sehingga penggunaan atribut ini sangatlah penting untuk melakukan sebuah perpindahan halaman ataupun transmisi data.

Fungsi :
  • Mengunjungi URL - dapat menggunakan URL alamat website langsung pada href.
  • Memproses Protocol file - fungsi ini dapat memproses file menggunakan value file: dan ftp:// .
  • Memproses Surat Elektronik - anda dapat mengarahkan pengunjung untuk menghubungi anda melalui email dengan mengganti value dengan mailto:email_kamu@domainnya.tld.
  • Memproses Script - pengunjung akan mendapatkan sebuah proses ketikan mengeklik pada href yang anda buat dengan memanfaatkan script yakni javascript:Fungsi_Javascriptnya;".


Syntax :

<a href="URL"> Teks </a>


Penerapan Syntax :

  • Addressing

<a href="https://www.jokam-informatika.com"> Jokam Informatika </a>


  • File Protocol

<a href="file:#"> File </a>
<!-- Atau -->
<a href="ftp://#"> File Protocol </a>


  • Electronic Mailler

<a href="mailto:umalandreasjokamp2@gmail.com"> Hubungi Saya Melalui Email ! </a>


  • Javascript Function

<a href="javascript:alert('Selamat Datang Di Jokam Informatika');">Jalankan JavaScript</a>



Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <a> Tagging ?
Klik disini : Tagging <a> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <a> Href Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <a> Href HTML.
Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments