Saturday, November 2, 2019

Pengertian, Cara Penggunaan String Dan Cara Memanggil String

Cara Penggunaan String

Jokam-Informatika.com Apakah sobat tau cara penggunaan string ? Jika belum, maka disini mimin akan menjelaskan pengertian, cara penggunaanya dan cara untuk pemanggilan string itu sendiri. Diantara kalian yang bukan programmer mungkin akan membutuhkan artikel ini untuk menambah wawasan kalian terhadap pemrograman dasar. String juga merupakan hal terpenting yang dapat dikendalikan oleh programmer, disatu sisi dia bisa menyimpan dan disatu sisi dia bisa memanggil fungsi string dengan data base kata sampai kalimat yang berada didalamnya.

Seperti apakah pengertian, cara penggunaan dan pemanggilan string ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya secara lengkap,

 

String – Banyak yang bingung bagaimana cara penggunaan string didalam pemrograman komputer, sehingga anda salah satunya yang menjumpai artikel ini sangatlah beruntung. String merupakan salah satu metode yang sering digunakan para programmer untuk mendeklarasikan kata/huruf yang sering dipakai. Sehingga ketika suatu saat ingin digunakan kembali maka si programmer dapat memanggil fungsi string untuk menjelaskan isi dari string yang sudah dideklarasikan pada fungsi string yang sebelumnya sudah dibuat terlebih dahulu oleh programmer tersebut.

String sendiri tidak memiliki batasan isi atau kata didalam fungsi string, String dipakai untuk menampilkan kata atau pesan yang ditujukan bagi seseorang yang melihat suatu program yang sudah dibuat oleh seorang programmer. Maka dengan adanya string tersebut, seorang programmer bisa dengan leluasa mendeklarasikan tulisan menjadi tidak begitu banyak dan berulang-ulang ketika ingin ditampilkan.

 

String juga dapat memuat konten data yang beranekaragam yaitu dari :

  • Nomor/Angka
  • Huruf kanji
  • Romawi
  • Arab dan lain sebagainya yang berjeniskan tulisan umum dari papan pengetik.

Didalam kaidah penulisan data string ini tidaklah sama dengan penulisan teks pada umumnya untuk karakter khusus, yakni :

  • \n untuk enter atau bait berikutnya.
  • \t untuk spasi kata berikutnya(namun untuk dua kata yang satu paragraf maka anda dapat menggunakan spasi biasa saja).

Namun ada cara khusus untuk memanggil fungsi string yang sudah tersimpan pada data string didalam resources, resources merupakan tempat yang menjadi media penyimpanan utama didalam data string.

 

Berikut ini adalah cara penggunaan string didalam Android Studio :

 

Tempat String

  • Pertama, Untuk penempatan string berletak pada “Value > Strings.xml” yang nantinya data string disimpan didalamnya.

Berikut ini adalah gambar deklarasi tempat penyimpanan data string :

String

 

Penyimpanan String

  • Lalu, Untuk format penulisan didalamnya adalah :
<resources> <string name="Nama_String">Ini Data String</string><resources>

 

Berikut ini adalah gambaran penggunaan penyimapanan data string pada file XML :

String Resources

Untuk penggunaanya dapat anda gunakan sebebas mungkin asalkan anda memanfaatkannya untuk keperluan penulisan huruf supaya tidak banyak-banyak menulis ulang tulisan yang dimaksud.

 

Pemanggilan String Pada XML

  • Lalu bagaimanakah cara memanggil data tulisan “Ini Data String” di XML android supaya tampil?

Memanggil data string pada layout XML :

<TextView android:text="@string/Nama_String" />

Maka, nantinya data yang ada didalam resources string akan terpanggil dan memenuhi tugas yang disuruh yaitu menampilkan teks yang ada didalam data string yaitu berisikan “Ini Data String” dengan deklarasi pemanggilan string “@string/Nama_String“.

 

Seperti berikut ini adalah contoh gambar pemanggilan data string didalam XML :

String Text View

 

Pemanggilan String Pada JavaClass

Lalu bagaimanakah cara memanggil data string ?

Apabila anda pada suatu keadaan ini di java class sedang membutuhkan sebuah string, maka untuk memanggil string berikut ini adalah caranya :

@Overrideprotected void onCreate(Bundle Nama_Class) { super.onCreate(Nama_Class); setContentView(R.layout.file_XML_Bersangkutan); String Bebas = getResources().getString(R.string.Nama_String);  // Code Penggunaan String Contoh : untuk penampilan data, Nama, Pengunjung, Alamat dll sebagainya. // // Dan sedangkan untuk string yang dipakai untuk memanggil adalah Bebas. karena Bebas akan memanggil Nama_String juga akan memanggil Data String//}

 

Berikut ini adalah gambaran dari pemanggilan data tersebut didalam JavaClass :

String Calling

 

 

Mungkin saya rasa cukup sekian dari apa yang saya sampaikan didalam artikel Pengertian, Cara Penggunaan String Dan Cara Memanggil String.
Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan tentunya untuk semua orang yang membutuhkan cara pemanggilan maupun pengertian daripada string itu sendiri.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments