Saturday, September 5, 2020

Cara Membuat Aplikasi Bitcoin Kurs Identifier Dengan Pemrograman Batch

Bitcoin Kurs Identifier

Jokam-Informatika.com Halo gaes, kali ini mimin akan membahas hal yang menarik yakni “Bitcoin Kurs Identifier” menggunakan aplikasi khusus buatan kita sendiri. Bagi kalian yang sudah menggunakan crypto currency ini pasti sudah tidak asing dengan mata uang bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang tunggal pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi media internet, mata uang ini tidak tidak mudah dirusak oleh orang lain karena memanfaatkan teknologi penandatanganan dari sisi pengirim hingga penerima. Terlepas dari itu, mata uang ini juga bergerak layaknya mata uang konvensional yaitu dengan memiliki kurs di dalamnya. Kurs tersebutlah yang membuat mata uang dihargain berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Perlu ilmu matematika yang lebih dalam untuk menghitung setiap pergerakan naik turunnya mata uang di dalam internet. Namun, di sini mimin memiliki sebuah terobosan baru yang memanfaatkan aplikasi buatan kita sendiri menggunakan pemrograman paling tua di era teknologi komputer. Pemrograman tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah batch file.

Meskipun dasar pemrograman nya yang sangat simpel membuat pemrograman ini bisa dipraktekkan oleh banyak orang di komputer mereka. Namun, dibalik kekurangan tersebut memiliki kelebihan apabila kita pintar-pintar mengatur sirkulasi kinerja dari program tersebut terhadap aplikasi yang dibuatnya.

 

Bitcoin Kurs Identifier

Disini kita akan memanfaatkan metode aritmatika dasar namun dengan kaidah perhitungan sesuai dengan kinerja perhitungan kurs bitcoin.

Berikut ini adalah tutorialnya :

  • Pertama, nyalakan komputer sobat dan buka aplikasi pengolah tulisan seperti notepad misalnya.
  • Kedua, kemudian salin kode dibawah ini :
@echo offmode con:cols=100 lines=42:STARTset Rupiah=Set Percentage=goto LOOPBTC:LOOPBTCclsecho.echo  ##################################################################################################echo.echo   Harga Awal Bitcoin = %Rupiah% %BTCFirst%echo.echo   Harga Akhir Bitcoin = %Rupiah% %BTCSecond%echo.echo   Selisih = %Rupiah% %Current%echo.echo   Presentase = %BTC1st%,%BTC2nd%%BTC3rd% %Percentage%echo.echo  ##################################################################################################echo.goto INPUTBTC:INPUTBTCecho Masukan Nominal Bitcoin :set/p "BTCFirst=Bitcoin Awal : >"set/p "BTCSecond=Bitcoin Akhir : >"goto CALCULATEBTC:CALCULATEBTCset/a Current=(BTCSecond-BTCFirst)set/a st=(BTCSecond-BTCFirst)set/a nd=(BTCFirst/100)set/a BTC1st=(BTCSecond-BTCFirst)/(BTCFirst/100)   set /a BTC2nd=(st-BTC1st*nd)*10/nd   set /a BTC3rd=((st-BTC1st*nd)*10-(BTC2nd*nd))*10/nd   if /i %BTC2nd% lss 0 set /a BTC2nd=0-BTC2nd   if /i %BTC3rd% lss 0 set /a BTC3rd=0-BTC3rdset Rupiah=Rp.set Percentage=Percentpausegoto LOOPBTC

 

  • Ketiga, setelah itu tempel atau pastel ke dalam aplikasi yang sudah kalian buka dan simpan “File > Save As“. Seperti gambar berikut ini :

Saving

 

  • Keempat, lalu beri nama file ketika sobat hendak menyimpan dengan ekstensi “.bat” contohnya saya menyimpan menjadi “Bitcoin.bat“. Seperti berikut ini :

Batch File

 

  • Terakhir, lalu buka/jalankan filenya untuk menghitung kurs bitcoin sesuai selera sobat. Kira-kira tampilannya seperti gambar berikut ini :

Bitcoin Kalkulator

 

Cukup mudah bukan ?

Selain itu sahabat juga bisa mengkreasikan tampilannya sesuai dengan keinginan. Tak hanya itu saja, script aplikasi ini juga bisa sobat kembangkan sehingga memiliki berbagai fitur sesuai dengan apa yang sobat tambahkan di dalamnya.

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan di dalam artikel ini.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi banyak orang dalam hal menghitung kurs mata uang bitcoin menggunkan program bikinan sendiri.
Sekian dan terima kasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments