Saturday, November 9, 2019

Inilah 6 Sebab Kenapa Semua Orang Bisa Kecanduan Game ?

Kenapa Orang Kecanduan Game

Jokam-Informatika.com Tahukah kalian kenapa semua orang bisa dengan sangat mudah kecanduan game ?. Hal ini bisa terjadi karena beragam faktor yang bisa menjadi penyebab. Hal itu dapat disebabkan faktor internal dan juga eksternal, selain itu jenis perangkat yang digunakan beserta fitur yang disuguhkan dapat membuat permainan lebih menarik. Tak hanya itu saja, ada beragam sebab yang belum kalian ketahui.

Tahukah kenapa semua orang bisa kecanduan game ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Game – Banyak orang yang tidak tahu kenapa dirinya maupun orang lain bisa kecanduan terhadap permainan atau game. Pada umumnya permainan(game) adalah sebuah media yang digunakan mereka sebagai hiburan. Dengan bermain game maka mereka bisa menghilangakan masalah yang ada di kepala mereka secara mudah. Selain itu dengan adanya game mereka bisa mengenal gamer lainnya yang menyukai game tersebut secara online didalamnya.

Namun didalam pembahasan kali ini membahas tentang apa saja yang menjadi penyebab seseorang menjadi sangat kecanduan, hal ini dapat diartikan seorang pemain tidak dapat melakukan hal lain selain bermain game kesukaannya. Hal ini memang sangat membahayakan, sampai-sampai pemerintah hampir saja melarang game online atau offline digelar didalam handphone ataupun komputer karena hal ini untuk menjaga generasi muda. Namun lagi-lagi hal ini ditentang banyak orang dikarenakan dirasa sangat berlebihan.

Lantas apa sajakah yang menjadi faktor seseorang sehingga dirinya menjadi pecandu game ? Simak beberapa penyebab berikut ini :

 

1. Banyak Teman

Dalam segi ini adalah penyebab utama dari mereka yang menjadi pecandu game online, mereka yang bermain game offline akan sulit memiliki komunikasi didalam game mereka karena mereka bermain sendiri. Namun dengan adanya game online maka mereka dapat memberitahukan apa yang sedang ia rasakan kepada banyak orang yang pada saat itu juga sebagai pemain game tersebut. Maka pemain akan sama merasakan komunikasi sehingga terjadi kenyamanan saat bermain, hal ini tentu semua orang suka apabila anda sudah sering didalamnya.

 

2. Fitur Menggiurkan

Penyebab kedua adalah tentang fitur daripada didalam game tersebut, dengan adanya fitur yang bagus maka pemain tentunya akan semakin nyaman didalamnya. Hal ini meliputi skin, kekuatan, enak dilihat dan sebagainya. Tak jarang dari mereka apabila sudah sangat menyukai fitur tersebut biasanya mereka tak segan-segan mengeluarkan uang demi mendapatkan virtuan fitur tersebut. Meski virtual, namun mereka menyukai maka tidak jadi masalah untuk mereka menghabiskan banyak uang untuk ini.

 

3. Penghibur Dan Pemacu Adrenalin

Salah satu fungsi utama game adalah untuk memberi hiburan serta tantangan tertentu didalam game, maka bagi mereka yang menggemari keduanya dapat dikatakan sangat lazim apabila mereka terjun kedalamnya. Akan tetapi dampak negatif dari game dalam hal hiburan dapat mengalahkan hiburan yang ada didunia nyata, misalnya anda akan kebal dihibur seseorang sehingga anda akan merasa garing. Lebih parahnya anda tidak mempedulikan pasangan anda maupun orang lain. Maka sebelum anda menjadi pecandu disarankan untuk tidak terlalu banyak bermain game agar kita menjadi pemain pasif.

4. Merasa Punya

Seseorang yang merasa punya pendukung untuk bermain game maka ia akan memainkannya, karena syarat untuk bermain sudah ia miliki. Adapun syarat yang dimaksud diantaranya adalah hardware( Handphone ataupun Komputer ), Kuota, Uang dan lain sebagainya yang dapat ia gunakan sebagai pendukung dalam bermain. Berbeda dengan ia yang tidak memilikinya, maka ia jelas tidak akan bisa bermain kalau ia tidak memenuhi kebutuhan tersebut.

5. Lingkungan

Lingkungan merupakan penyebab berikutnya yang tidak kalah mempengaruhi pemain menjadi pecandu, ia yang memiliki teman demikian biasanya akan menawarkan sesuatu menarik yang sedang ia mainkan. Apabila calon pecandu tidak dapat menahan hasrat maka calon pecandu tersebut dapat terpengaruh oleh temannya dan menjadi pecandu aktif. Selain itu dari sektor teman, lingkungan lainnya dapat lebih berbahaya dari sektor lingkungan keluarga misalnya kakak calon pecandu suka bermain game maka adiknya sebagai calon pecandu akan menginginkan seperti kakaknya yang dewasa dan keren dengan bermain game yang seru.

6. Keadaan

Kedaan yang dapat menjadikan seseorang sebagai pecandu adalah dengan adanya keadaan yang memungkinkan si calon pecandu mengenal jenis game, Dalam hal ini kondisi keadaan yang dimaksud adalah merasa bosan, Merasa tidak cukup bahagia atau senang, Atau keadaan yang dihadapi sedang kesepian atau lain sebagainya. Maka bukan mustahil si calon pecandu memikirkan apa saja yang dapat memberikan sebuah hiburan untuk mengisi kekosongan perasaan yang sedang dialami pada saat itu.

Nah, itulah Keenam Sebab seseorang bisa menjadi pecandu game baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. hal ini tidak lepas dari faktor yang ada diatas.
Game memang sangat perlu namun tidak dikatakan wajib, akan tetapi dengan bermain game maka anda bisa sedikit dibantu dalam hal hiburan, meringankan permasalahan yang difikirkan, penghindar kebosanan dan lain sebagainya.

 

Baca Juga Lainnya :

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Inilah 6 Sebab Kenapa Semua Orang Bisa Kecanduan Game ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda dan memberikan anda pengetahuan tentang apa saja yang dapat menyebabkan kecanduan terjadi pada diri seorang gamer.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • Kecanduan game online
  • Game online berpakaian
  • Game online chat
  • Game online terbaik pc
  • Games couple
  • Games terbaru
  • Games seru
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments