Wednesday, November 6, 2019

Deep Web : Siapa Sih Penemu Dan Pembuat Deep Web ?

Penemu Pembuat Deep Web

Jokam-Informatika.com Mungkin yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata Deep Web atau pun Darknet tersebut sangatlah menakutkan dan juga menyeramkan bukan ? sebenarnya sih tidak terlalu menyeramkan juga, selain misterinya ternyata deep web juga menyimpan rahasia siapa penemu dan pembuat-nya.

Karena saya pernah mengakses website tersebut dan nyatanya tidak terlalu berbahaya, namun apabila kita tidak berhati-hati didalamnya dengan cara banyak mengunduh file-file yang kita kira menarik, bagus dan keren sehingga kita tergiur untuk mendownloadnya maka dapat dipastikan anda dalam keadaan berbahaya. Akan tetapi apabila anda hanya sekedar berselancar dan juga melihat lihat saja maka hal ini tidak terlalu masalah dan juga tidak menimbulkan masalah. Karena pasalnya konten yang sebenarnya dianggap berbahaya didalam deep web yaitu file gambar dan juga alamat link.

Istilah yang banyak dipakai kebanyakan oleh orang umum adalah :

  • Deep Web
  • Darknet atau Dark Net
  • Dark Internet
  • Underground Net
  • I2P
  • Freenet
  • Gopher
  • Tor Network
  • Union Network
  • Invisible Web
  • Dll

Lalu, siapakah pembuatnya dan untuk apa tujuannya Darknet/Deep Web dibuat ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

 

Deep Web – Banyak kalangan netizen yang bertanya-tanya siapakah penemu(penggagas) dan juga pembuat situs terunik itu. Deep web merupakan sebuah media internet yang sangat besar sekali, sampai-sampai besarnya mengalahkan media internet yang kita ketahui seperti ” Youtube, Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lain sebagainya ” itu hanya sebesar Tidak lebih dari 10% saja ketimbang content dari Deep Web/Darknet. Karena Deep Web adalah sebuah media yang difungsikan untuk menampung Password, Cache, Sampah internet, Cookies dan Deep Content yang tidak kita ketahui lainnya.

Lalu, kenapa tidak terlihat layaknya internet Surface Web ?

 

Penemu Dan Pembuat Deep Web

Pada hakikatnya Deep Web adalah jenis server website biasa, akan tetapi cara pembuatannya tidak didaftarkan secara baik oleh penyedia server maupun pendaftar website. Sehingga yang terjadi adalah situs tidak terindex ataupun terdaftar pada sistem pencarian online seperti google dan bing. Hal ini menyebabkan website menjadi terkucilkan dengan tempat sebagai bagian lain dari konten internet yang tidak dapat digunakan layaknya Sampah, Cache, Cookies, Database dan lain sebagainya yang dianggap sari dari perasan internet. Selain itu, ternyata password maupun informasi penting lainnya juga terdampar di sana. Untuk mengakses nya lebih dalam dibutuhkan beberapa perangkat yang bukan lagi sebagai browser tradisional melainkan dengan kecanggihan juga koneksi yang dapat melampaui tumpukan-tumpukan sari perasan yang padat.

Visible And Deep Web

Jika anda sebagai nelayan maka anda hanya dapat menjaring ikan yang tidak jauh dari permukaan laut(Surface Web), akan tetapi jika anda ingin menjaring lebih banyak ikan di bawah permukaan air laut yang dalam maka dibutuhkan jaring yang tidak sekedar tradisional untuk melakukannya.

Dengan adanya jauh dari kebisingan internet maka media tempat yang dikira tidak penting yang menyimpan berbagai sampah internet ini juga dimanfaatkan dengan cara menyembunyikan berbagai rahasia penting, Akankan anda mau menggali sampah ? hanya orang yang mengerti didalamnya telah disembunyikannya emas batangan yang mau melakukannya dengan niatan memilikinya. Bagi orang yang awam dan normal mungkin itu sangat tidak perlu, akan tetapi banyak pelaku darknet yang mungkin sampai saat ini masih terus menggali informasi-informasi bahkan informasi anda didalam deep web.

 

Darknet – Adalah istilah lain dari Deep Web, yang hakikatnya adalah bagian dari pecahan dari Deep Web yang utuh. Bisa dianggap oleh banyak orang jalur gelap dari sisi internet, untuk melaluinya diperlukan metode khusus untuk sampai didalamnya. Menurut informasi, tempat ini banyak dijadikan sebagai perkumpulan para peretas(Hacker) yang bekerja di bawah jalan gelap(Underground).

Jadi kita memahami bahwa konten yang tercipta di dalam situs Deep Web tercipta secara otomatis dari internet yang tidak terdeteksi karena tidak melakukan pendaftaran pada sistem pencarian sehingga tidak ada istilah pencetus siapakah pembuat dari Deep Web, Deep web sendiri adalah istilah untuk menjuluki sisi terdalam untuk internet.

 

Tujuan Dibuat Deep Web

Deep Web

Karena jauhnya dari terjamahnya banyak orang maka Deep Web memiliki peran penting bagi Rahasia lembaga negara, Informasi sensitif golongan atau individual, Rahasia project medis, Informasi keamanan dan lain sebagainya. Maka dengan adanya media ini, bisa dimanfaatkan untuk merahasiakan konten mereka sehingga dapat jauh dari beberapa tangan orang yang ingin membongkar nya. Data yang dimaksud bisa berupa kode, file dokumen, atau gambar penting lainnya.

 

Kelemahan Deep Web

Kelemahan Deep Web

Akan tetapi, dengan adanya keamanan yang super ketat ini sehingga dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk ikut berpartisipasi memanfaatkan ini untuk melakukan hal yang dianggap melanggar peraturan tentang kebijakan penggunaan internet. Biasanya oknum tersebut menggunakannya untuk :

  • Menipu
  • Menjual jasa terlarang
  • Menjual Obatan terlarang
  • Perdagangan Anak Dan Wanita
  • Perdagangan Organ Tubuh
  • Membagikan film dan file terlarang
  • Bahkan menggali informasi penting
  • Prostitusi Online
  • Hacking
  • Ajaran Terorisme
  • Ajaran Satanis(Penyembah setan)
  • Dll sebagainya

Namun, uniknya lagi ada juga hiburan didalam website ini yang dinamakan Darknet Games, biasanya anda akan disuguhi pertanyaan atau rintangan berbasis visual layaknya anda bermain didalamnya. Anda juga tidak mendapati permainan ini dimanapun karena hanya ada didalam Deep Web saja.

Kalau anda berfikir pihak keamanan seperti polisi dan intelijen tidak bekerja dengan keras maka anda salah besar, karena penyebab utama pengungkapan pelaku cyber dari deep web sangatlah susah. Tidak ada yang mampu memproses data yang didapat dari sebuah tempat bahkan tempat tersebut saja tidak terdaftar dengan baik serta tidak memiliki identitas dengan kinerja yang sangat anonym itu mengakibatkan sangat sulitnya pelacakan pelaku.

Crime Deep Web

Untuk melakukan sebuah pengungkapan kasus kriminalitas salah satunya adalah dengan memakai intelijen yang menyamar didalamnya dengan ikut berjalan diatas jalannya kriminal tersebut misalkan berpura-pura untuk menjadi pembeli maupun bergerak sebagai pihak yang dipercayai. Maka, jika sudah mendapat informasi dengan memancing pelaku keluar dari tempat yang tidak terdaftar tersebut maka hal ini akan diproses lebih jauh oleh pihak keamanan untuk dilakukannya penangkapan. Cukup rumit bukan ? memang tidak semuanya berjalan dengan mulus.

 

Lahirnya Istilah Deep Web

Pada mulanya konten didalam media yang tidak terdaftar ini tersimpan dengan aman tanpa ada seseorang yang memasukinya. Namun, Jill Ellsworth berencana mengidentifikasi tentang situs yang tidak terdaftar pada sistem pencarian online manapun. Pada tahun itu 1994 istilah tersebut timbul yang keluar dari pernyataan Jack Oliver yang menyatakan hal ini sebagai Invisible Web yaitu web yang kasat mata.

Kemudian Bruce Mount dan Matthew B. Koll dari Library Software, yang lebih mengacu Invisible Web adalah bagian terdalam dari sari konten sensitif surface web sehingga istilah Deep Web lahir pada tahun 1996.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Deep Web : Siapa Sih Penemu Dan Pembuat Deep Web ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Pembuat Deep Web dan Darknet.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata kunci terkait :

  • Darknet
  • darknet market
  • darknetmarkets
  • darknet game
  • darknet showtime
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments