Wednesday, October 2, 2019

Cara Menampilkan Folder Dan File Hidden Karena Virus Atau Disengaja

Menampilkan Folder File Hidden

Jokam-Informatika.com Pernahkah sobat kehilangan beberapa folder atau file karena hidden ? ternyata hal tersebut bisa dilihatkan kembali jika kita melakukan beberapa tutorial dibawah ini untuk menampilkan folder dan file. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh virus ataupun kesalahan penggunaan user itu sendiri sehingga menyebabkan permasalahan seperti yang sedang kita bahas.

Namun tenang saja, pasalnya kita akan membahas bagaimana caranya kita bisa melihat file atau folder yang kita khawatirkan sebelumnya alias menjadi terlihat kembali.

Penasaran bagaimana cara menampilkan folder dan file hidden ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Hidden – Untuk menampilkan kembali folder dan file hidden dibutuhkan beberapa langkah sederhana yang tidak diketahui oleh orang awam. Orang awam kebanyakan akan panik ketika mereka sedang mengalami hal demikian, biasanya mereka langsung mem-format disk yang bermasalah mereka.

Hidden sendiri merupakan salah satu kemampuan service dari windows untuk menyembunyikan file penting salah satu misal adalah File System, File Core dan file lainnya yang sebagai jantung utama Operasi Windows. Namun, metode ini biasanya disalah gunakan oleh seseorang untuk menyembunyikan file mereka yang dianggap tidak baik misalnya video pornografi, penyiksaan dan sebagainya. Selain hal itu, ternyata file kita yang tidak bersalah juga dapat dengan secara otomatis langsung hidden karena suatu hal misalnya terkena virus ataupun malware.

Bagi anda yang sangat awam mungkin akan kebingungan apabila hal ini terjadi pada data penting anda, misalkan saja tugas sekolah dan pekerjaan kantor. Ketika hal itu terjadi mereka biasanya sangat kebingungan bahkan mereka tak habis fikir dan menyerah kemudian mereka memformat disk mereka karena mereka pasrah, namun ada yang cerdas dengan bertanya kepada google dan anda beruntung bisa sampai pada artikel saya ini. Saya akan membantu anda untuk memperlihatkan file anda yang hidden ataupun terkena virus.

 

Cara Menampilkan Folder Dan File Hidden

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan pada komputer atau PC anda :

  • Pertama, Klik Start yang ada di pojok kiri windows.

Control Panel

 

  • Lalu, Pilih Control Panel > Appearance and Personalization > Folder Options pilih Sub “Show hidden files and folders“.

Show Hidden Files

 

  • Kemudian, Hilangkan checklist pada bagian yang sudah saya beri nomor dia gambar berikut yaitu “1, 2, 3, 4” dan “5” untuk menyetujui, “6” untuk menerapkan dan “7” untuk menyelesaikan.

Folder Options

 

  • Selesai, File dan folder yang sebelumnya tersembunyi bisa terlihat oleh anda.

Hidden

Keterangan :

Perbedaan file hidden dan tidak adalah apabila normal akan terlihat seperti biasanya, sedangkan hidden justru tidak begitu cerah atau samar.

 

Sangat mudah bukan ?

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Menampilkan Folder Dan File Yang Di Hidden Karena Virus Atau Disengaja.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang membutuhkan cara ini.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments