Wednesday, October 2, 2019

Cara Mengatasi INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED Android Studio

INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED

Jokam-Informatika.com Apakah kalian seorang programmer aplikasi android ? bagi seorang programmer awam pasti akan menjumpai masalah pembatasan installasi user yang menyatakan kepada pengguna dengan kata ” INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED “. Peringatan ini terjadi pada aplikasi pembuat aplikasi android yang sangat terkenal yakni ” Android Studio “.

Tidak asing di telinga kalian bukan ?

Pada awal mimin menjadi programmer aplikasi juga mengalami hal ini, akan tetapi hanya 5 menit saya menemukan solusi untuk mengatasinya. Oleh karena itu, mimin ingin berbagi kepada kalian semua yang mungkin diantara kalian ada yang juga mengalami seperti apa yang sudah mimin alami pada saat itu.

Bagaimanakah cara mengatasi INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui tutorialnya lebih lengkap,

 

Pengertian INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED

INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED – Adalah suatu kendala yang terjadi pada developer website yang ingin mentesting aplikasinya dengan melalui USB dan ditampilkan kedalam smartphone yang tertancap pada USB tersebut. Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi android yang saya bahas pada kesempatan ini merupakan Android Studio. Seorang pencipta aplikasi yang belum mengetahui hal ini mungkin akan menjadikan mereka sangat kebingungan, bahkan ada yang sampai mencoba Custom ROM mereka dengan dalih agar hal tersebut terselesaikan. Namun percuma, karena pokok masalah dari hal tersebut bukan berasal dari ROM melainkan dari pengaturan anda.

Pada kondisi ini Handphone android anda menolak untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber USB meskipun anda menyalakan Developers dan USB debuging. Kedua fungsi memang tidak masalah bagi anda yang memiliki handphone semacam Samsung dan Nokia. Namun berbeda dengan Handphone yang bertypekan China seperti punya saya. kegagalan ini saya dapatkan karena saya tidak mengaktifkan opsi “Install Via USB” sehingga tampak notifikasi “INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED“.

Setelah saya menyalakan akhirnya bisa dengan baik, bagi anda yang mengalami hal serupa maka saya akan membantu anda. Akan tetapi di akhir tutorial ini saya juga akan bertanya kepada kalian semua tentang keanehan fitur ini dan mohon dijawab bagi kalian yang mengetahuinya.

 

Mengidentifikasi Masalah

Berikut ini adalah Masalah yang terjadi :

  • Pertama, Inilah notifikasi yang didapat dari Android Studio yang mendeteksi bahwa Device yang akan dijadikan testing menolak untuk penginstallasian.

ASD Notif

 

  • Untuk Log dari kegagalan tersebut adalah seperti gambar berikut ini :

Failure Log

 

Dapat dilihat dari gambar diatas bahwa Android studio sudah berhasil memasuki device anda dan tinggal menginstallasi dengan command “$ adb shell pm install -r /#dir_temp_project” lalu disusul tepat dibawahnya laporan bahwa Sistem Android yang dipakai enggan untuk menginstall aplikasi dari USB tersebut.

Maka pilihan satu-satunya Android studio setelah kondisi tersebut adalah mencabutnya kembali dengan command “$ adb shell pm install #Name_Project“. Sehinga kemudian disusul tidak diketahui kesalahannya namun yang jelas berada pada java bin, yaiyalah pertama saja sudah ditolak yakan gaes jadi selanjutnya bakalan error. Sehingga kondisi error ini disebabkan sudah diuninstall aplikasi oleh Android Studionya.

Kesimpulan dari kedua masalah diatas adalah pembatalan installasi karena penolakan installer device.

Setelah saya cari dan menemukan solusi dengan cara menonaktifkan MIUI Optimization, Mengaktifkan USB Debuging dan dan Install Via USB.
Pertama, saya menonaktifkan MIUI Optimization, hp saya pun Reboot.
Kedua, saya mengaktifkan USB Debuging dan Install Via USB(Required Internet data or wifi).

Setelah saya coba memang berhasil, namun saya bertanya sebenarnya fitur mana yang seharusnya dibutuhkan. Saya mencoba menonaktifkan semuanya dan mencoba satu-satu sehingga memberikan hasil bahwa yang dibutuhkan hanyalah USB Debuging dan Install Via USB saja.

Jadi pada handphone saya tidak diperlukan nonaktivasi dari MIUI Optimization karena pada saat sesudah reboot karena saya nonaktifkan saat itu layar handphone saya yang bagian tepi menjadi disko, beruntung kalau tidak dari hal tersebut jadi saya tetap dapat mengaktifkan MIUI dan dapat mentesting aplikasi saya.
Bagi anda mungkin diharuskan dengan menonaktifkan, atau bisa tidak seperti demikian saya. Jadi, anda dapat mencoba ketiga hal tersebut saat mengalami hal itu.

 

Cara Mengatasi Failure INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED

Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan.

  • Pertama, Nyalakan pilihan “Developer Option(Wajib)” karena tanpa aktifnya option ini maka anda tidak dapat mengaktifkan fitur terkait yaitu USB debuging dan Install Via USB tersebut. Berikut ini adalah gambarnya :

Developer Options

 

  • Kemudian, Scroll kebawah sampai anda menemukan pilihan atau opsi USB debuging dan Install Via USB dan aktifkan.

USB Install And Debugging

 

  • Lalu, copot USB anda dan pasangkan kembali serta jangan lupa tentunya untuk memilih koneksi USB jangan di set charging setelah tertancap.

Apabila sudah maka anda dapat membuild project anda dan pilih android anda sebagai media untuk testingnya(tampil).

 

  • Apabila sudah seperti dibawah ini saat build maka tandanya sudah berhasil dan silahkan anda menekan tombol “Install” sebelum tombol deny. (NB)Jika tidak ada namun sudah tampil maka abaikan gambar ini.

Install Notif

 

  • Terakhir, Untuk log aktivitas tersebut apabila berhasil maka akan tampil seperti berikut ini yaitu Success setelah “$ adb shell pm install -r /#dir_temp_project“.

 

Tambahan

Apabila anda ingin Mempercepat Rendering hingga 8x Lipat cepatnya dari biasanya maka anda dapat mengaktifkan fitur “USB Debuging(Security Settings)“.

USB Debugging Security

 

  • Lalu, Anda akan dihadapkan dalam kondisi persetujuan, Pilih Next/Accept seterusnya.

Important 1  Important 2  Important 3
 

Setelah itu anda cobalah build ulang dan rasakan kecepatannya.

Note : Untuk mengaktifkan Install Via USB dan USB Debuging(Security Settings) dibutuhkan koneksi internet dan handphone sudah dalam kondisi login di akun.

 

Pendapat Dan Pertanyaan

Pendapat Saya :

Banyak handphone yang apabila mereka(Developer) ingin membuild dan melihatnya di handphone mereka, mereka tidak perlu login ke akun atau terkoneksi ke internet. Saya heran dengan device ini, saya sangat curiga. Karena pasalnya akun dapat membackup aktivitas apabila dirasa pengguna offline, dan data berguna untuk mengsyncronisasikan data kepada server akun.

Apabila dibedah dari OS MIUI ini dan ditemukan hal yang berbau pengiriman data USB ke server maka hal ini bisa dikenai hukum, karena hal ini sangat merugikan pihak Developers yang telah susah payah membuat program malah Source codenya terkirim secara masif kepada server produsen smartphone. Google saja menjamin hak cipta aplikasi milik penggunanya, ini kok malah mencuri data mentahan penggunanya untuk di edit dan di olah ? tentu hal ini sangat melanggar hak cipta.

 

Pertanyaan Saya :

– Dari pendapat saya apakah mungkin saya yang salah ?
– Atau memang semua handphone seperti itu ?
Maklum handphone saya satu dan jarang ada yang membahas tentang kejanggalan ini di internet. Bagi kalian yang memiliki handphone yang diharuskan pengaktivasian Install Via USB dan USB Debuging(Security Settings) menggunakan internet, coba cantumkan di kolom komentar merk/type handphone anda. Atau memang pendapat saya diatas salah, maka saya bersedia menerima kritik dan saran dari sobat secara sopan di kolom komentar dibawah artikel.

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel Cara Mengatasi Failure INSTALL_FAILED_USER_RESTRICTED : Install canceled by user Pada Android Studio.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang belum mengetahui hal ini.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments