Thursday, October 3, 2019

Cara Screenshoot Tampilan Screen Windows Dengan Mudah

Screenshoot Tampilan Windows

Jokam-Informatika.com Bagi orang awam, Screenshoot tampilan komputer windows merupakan tantangan yang sepele namun mereka tidak mengetahui caranya. Sama seperti saya dahulu ketika pertama kali menggunakan komputer tapi membutuhkan fungsi screenshoot untuk laporan kepada teman. Bisa berupa bukti transfer, karya kita, keadaan tertentu dan lain sebagainya yang pada saat itu kita ingin membagikannya kepada teman kita. Mungkin saya sangat beruntung saat itu, karena saya diberitahu oleh seseorang tentang bagaimana cara normal sampai ke cara tercepat melakukan screenshoot tersebut.

Penasaran bagaimanakah caranya ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui tutorialnya lebih lengkap.

 

Screenshoot Tampilan – Adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh sistem operasi windows, fitur ini berguna untuk menangkap suatu tampilan yang akan dibutuhkan seorang pengguna komputer tersebut. Biasanya pengguna akan menggunakan screenshoot untuk kebutuhkan bukti, sesuatu yang butuh diabadikan dan lain sebagainya. Adapun untuk melakukan Screenshoot(Tangkapan Layar) windows tidak mengharuskan ataupun tidak meminta anda untuk membayar sepeserpun untuk melakukan hal ini.

Screenshoot dari windows ini nantinya dapat dilihat di berbagai perangkat karena akan menghasilkan file picture diantaranya adalah gif, jpg, jpeg dan png. anda bebas untuk menentukannya. Untuk melakukannya anda tidak memerlukan waktu yang panjang karena hanya dengan 1 detik anda bisa menangkap tampilan yang anda inginkan dan memproses tidak lebih dari 5 detik.

Berikut ini merupakan dua cara yang dapat anda lakukan :

 

Cara Pertama Screenshoot (Fullscreen)

  • Pastikan anda sudah mempersiapkan tampilan yang ingin anda tangkap.
  • Setelah siap, tekan tombol Print Screen yaitu “PrntScr” atau “PrtScr” atau “PrtSc” pada keyboard anda(Mungkin setiap tipe komputer/laptop memiliki tulisan berbeda) namun yang pasti letaknya di sekitar pojok kanan atas.

Namun apabila kebetulan keyboard anda tersebut rusak maka anda dapat menggunakan keyboard virtual dengan cara : Start > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard.

  • Setelah itu untuk mencetaknya maka bukalah paint di : Start > All Programs > Accessories > Paint. Lalu tekan tombol paste yaitu “CTRL+V” maka nantinya tangkapan fullscreen anda akan terpaste kedalam paint dan siap untuk disimpan dengan cara “CTRL+S” Save.

 

Cara Kedua Screenshoot (Bebas)

  • Pastikan anda sudah mempersiapkan tampilan yang ingin anda tangkap.
  • Setelah siap, maka gunakan Aplikasi bernama Snipping Tool di : Start > All Programs > Accessories > Snipping Tool.
  • Kemudian, Klik “New“.

Pada tahap ini maka anda harus klik “Kiri Mouse atau Left Mouse” sembari di drag pada tempat gambar yang ingin di tangkap yang berarti ini tidak hanya Fullscreen namun sangat bebas sesuai keinginan anda.

  • Lalu, setelah gambar sudah tertangkap maka anda dapat menyimpannya dengan cara “CTRL+S” Save.

 

Bagaimana ?

Mudah sekali bukan, saya sendiri lebih menyukai sekaligus menggunakan cara kedua karena lebih cepat. Namun untuk bagian tampilan tertentu yang ingin sobat ambil maka sobat bisa menggunakan cara pertama.

 

 

Mungkin cukup sekian apa yang sudah saya sampaikan dari Cara Screenshoot Tampilan Screen Windows Dengan Mudah.
Semoga apa yang sudah saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk anda maupun orang lain yang belum mengetahui cara untuk menangkap tampilan windows mereka.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments