Sunday, January 19, 2020

Lupa PIN Atau Terblokir ? Ternyata, Beginilah Cara Reset PIN LinkAja

Reset PIN LinkAja

Jokam-Informatika.com Apakah sobat pengguna LinkAja ? Jika iya, sobat pasti pernah mengalami pemblokiran atau lupa PIN akun LinkAja milik sobat. Untuk mengatasinya maka sobat bisa menggunakan fitur Reset PIN yang ada didalam aplikasi LinkAja. Namun sebelum kita menuju ke pembahasan alangkah baiknya kita memperdalam pengetahuan tentang Aplikasi LinkAja ini. Karena pasalnya tak semua orang tahu dan juga menggunakan aplikasi ini.

  • Penasaran seperti apa itu Aplikasi LinkAja ?
  • Dan bagaimana cara mereset akun LinkAja ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan mendetail,

 

LinkAja – Memiliki PIN yang dapat di-Reset penggunanya. Pada awalnya aplikasi ini sebelum memiliki nama LinkAja, pada waktu itu bernama “Telkomsel Cash” atau TCASH. Dilihat dari namanya, aplikasi ini tentunya bergerak dalam bidang keuangan yang mana aplikasi ini memanajemen keuangan kliennya yang kemudian saldo tersebut bisa digunakan untuk keperluan transaksi secara fleksibel melaui media elektronik seperti halnya rekening tabungan. Sedangkan program yang dimiliki aplikasi ini antara lain adalah fitur pembelian melalui smartphone dengan pembayaran TAP. Selain pembayaran aplikasi ini juga mampu untuk transfer dan juga berbagi saldo kepada pengguna yang lain.

Kesuksesan aplikasi TCASH terus berlangsung hingga tahun 2017 dengan menggandeng banyak pengusaha di 34 provinsi yang tersebar di indonesia. Tak main-main aplikasi ini beroperasi hingga mendapatkan persetujuan berupa sertifikat dari bank indonesia pada tahun 2007 dan dipercaya untuk menjalankan sistem uang elektronik di indonesia. Aplikasi ini sukses memiliki 10 juta pengguna lebih pada aplikasi.

Ketika aplikasi ini diluncurkan, pada mulanya aplikasi ini apa dioperasikan menggunakan kartu jenis keluaran telkomsel seperti : KartuHalo, Simpati, Kartu As dan LOOP.

Namun, akhir-akhir ini banyak yang memiliki kesulitan dan kendala dalam hal PIN(Personal Identification Number), mereka bisanya lupa atau bahkan terblokir karena kesalahan system. Akan tetapi, janganlah khawatir karena disini mimin akan menjelaskan bagaimana cara mereset PIN akun LinkAja secara mudah. Berikut ini adalah caranya :

 

1. Pengguna Telkomsel

Telkomsel

Kabar baik bagi pengguna khusus kartu operator Telkomsel, karena sobat dipermudah untuk melakukan reset PIN melalui jaringan telepon dikarenakan aplikasi ini memang pada dasarnya dipelopori oleh Telkom Indonesia sehingga bagi sobat pengguna Telkomsel sangat dimudahkan untuk urusan reset PIN. Berikut ini adalah caranya :

  • Pertama, sobat dapat melakukan panggilan dengan menghubungi *800*99#. Seperti gambar berikut ini :

Telkomsel PIN 1

 

  • Kedua, setelah itu sobat akan mendapatkan SMS untuk membuat PIN melalui *800*91*6DigitPINLinkAja# Silahkan diikuti langkah tersebut. Seperti gambar berikut ini :

Telkomsel PIN 3

Selain itu, pelanggan juga bisa langsung diarahkan untuk login ke aplikasi LinkAja, nantinya pelanggan akan diarahkan untuk membuat PIN baru meski tanpa melalui via call seperti diatas.

 

2. Pengguna Non-Telkomsel

Operator

Untuk pengguna Non-Telkomsel yang menjadi pengguna aplikasi LinkAja, dibedakan menjadi dua jenis diantaranya adalah :

  • Sudah Verifikasi Email

Bagi pengguna aplikasi LinkAja yang ketika pada saat awal mendaftar sudah memverifikasi email sobat ke dalam akun, maka sobat bisa menggunakan email tersebut untuk memverifikasi saat sobat ingin mereset PIN. Caranya pun terbilang mudah yakni :

  1. Login ke aplikasi LinkAja menggunakan nomor HP sobat. Seperti gambar berikut ini :

Email App LinkAja 1

  1. Input OTP dengan benar.
  2. Pada halaman input PIN, silahkan klik tombol ” Lupa PIN “. Seperti gambar berikut ini :

  1. Input alamat e-mail yang pernah di validasi.
  2. Anjurkan pelanggan untuk memeriksa kedalam akun e-mail untuk mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh LinkAja melalui email.
  3. Jika sudah mendapatkan maka klik tombol yang ada didalam pesan Email.
  4. Sobat akan otomatis diarahkan kedalam aplikasi LinkAja dan mulai membuat PIN baru.

 

  • Belum Verifikasi Email

Bagi sobat yang belum memverifikasi email ke dalam aplikasi LinkAja, maka sobat tak banyak pilihan dikarenakan sudah tidak ada jalan untuk membuktikan bahwa anda adalah pengguna yang sah. Namun, sobat hanya dapat melakukan verifikasi secara real dengan cara mendatangi gerai ” Grapari terdekat ” untuk meminta pertolongan agar petugas mereset PIN pada aplikasi LinkAja milik sobat.

Untuk mengecek lokasi grapari terdekat maka sobat bisa menggunakan Google Maps dengan cara mencari ” lokasi grapari terdekat ” atau melalui situs resmi telkomsel berikut ini :

KLIK DISINI

Berkas yang biasa dibutuhkan petugas untuk memverifikasi kepemilikan akun milik sobat maka sobat bisa membawa E-KTP,Kartu Keluarga(KK) atau Akta kelahiran jika dibutuhkan.

Setelah petugas selesai mereset PIN akun milik sobat, maka sobat sudah bisa menggunakan akun tersebut untuk bertransaksi seperti pada umumnya.

 

 

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan untuk membantu sobat yang memiliki masalah terhadap PIN aplikasi LinkAja.
Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk semua orang.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments