Monday, December 16, 2019

Cara Supaya URL Blog Kita Menjadi HTTPS Secara Gratis

URL Blog HTTPS

Jokam-Informatika.com Bagi sobat yang memiliki blog, URL atau alamat diawali dengan label HTTPS merupakan hal yang bagus. Karena dengan adanya HTTPS maka situs blog kita jadi lebih baik untuk segi keamanan dan keterpercayaan oleh pengunjung. Dengan bekal keamanan dengan label HTTPS maka pengunjung tentunya tidak cemas dan khawatir terhadap keamanan situs yang sedang mereka akses. Namun, tak semua pemilik blog mengetahui bagaimana agar websitenya memiliki label aman ini.

Penasaran bukan, bagaimana cara agar URL blog kita menjadi HTTPS ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

URL Blog HTTPS – Adalah point paling penting sebelum kita menjalankan sebuah blog. HTTPS merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure(HTTPS) merupakan salah satu jenis jaringan yang aman, dan jaringan ini pertama kali ditemukan oleh Netscape Communications Corporation(NCC) dan dirasa sangat aman karena dilapisi oleh Secure Socket Layer(SSL) dan Transport Layer Security(TLS) yang memungkinkan website anda memiliki konektivitas terenskripsi, jauh dari serangan hacker dan tentunya akan menjadikan blog anda semakin diutamakan atau diprioritaskan oleh google. selain itu dengan menggunakan HTTPS maka website anda terkesan aman sehingga akan terlihat lebih profesional daripada tanpa adanya penggunaan HTTPS didalam website anda.

Pada umumnya untuk menyewa jasa HTTPS Komodo maka anda diharuskan untuk membayar biaya yang cukup merogoh kocek anda, bukan main untuk mendapatkannya anda bisa membayar sampai $100 lebih tergantung dari jenis koneksi yang akan anda pilih, maka anda tentunya akan mendapatkan key beserta TLS beserta SSL untuk mengaktifkannya anda dapat pergi ke kontrol panel didalam hosting anda.

Namun kini blogger sudah menyediakan bagi anda yang menempakan website anda kedalam hosting blogger, caranya pun sangat mudah. Anda dapat mengikuti cara dibawah ini :

  • Pertama, Anda harus pergi kedalam blogger.

Situs blogger : KLIK DISINI

  • Kedua, Anda harus masuk(login) terlebih dahulu, namun apabila anda sudah login alias sudah didalam blogger maka anda lanjutkan langkah berikunya.
  • Ketiga, Pada menu kiri cari menu bernama “Setting” kemudian “Basic“. apabila blogger anda berbahasa indonesia maka sesuaikan sesuai bahasa. Berikut ini adalah tampilannya :

Nav Blog

 

  • Kemudian, anda akan menjumpai pengaturannya. aktifkan dengan cara pilih “Yes” di nomor pertama. kemudian tunggulah beberapa saat…

NB: Sambil menunggu maka anda dapat merefresh browser anda,

 

  • Lalu, apabila nomor 2 sudah dapat di change maka aktifkan pula seperti nomor 1 yaitu “Yes“. Apabila change sudah anda lakukan pada keduanya maka akan tampil seperti dibawah ini :

Setting Basic Blog

  • Untuk mencobanya, coba buka tab baru dan kemudian masukan alamat website anda baik tanpa www, ada www, tanpa https alias terserah. maka nanti anda akan menjumpai blogger anda sudah memiliki status HTTPS di dalam alamat pada browser anda. Apabila anda sudah berhasil maka tampilan website atau blog anda akan seperti berikut ini :

Jokam Informatika

 

Sangat mudah bukan?

Perlu diketahui bahwa mungkin beberapa fungsi gadget anda yang memanfaatkan Javascript bisa saja tidak berfungsi dengan baik karena adanya koneksi HTTPS seperti halnya sitemap.

 

 

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Supaya URL Blog Kita Menjadi HTTPS.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda maupun untuk semua orang.
Sekian dan Terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments