Thursday, November 28, 2019

Protocol ARP : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Didalam Jaringan

Protocol ARP

Jokam-Informatika.com Sobat tahukah kalian tentang apa yang dinamakan dengan Protocol ARP ? protokol ini digunakan pada sebuah jaringan untuk mendeklarasi kan sebuah pengalamantan sebuah IP Address ataupun Mac Address.

Apa sajakah fungsinya dan kinerjanya di dalam jaringan ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

 

ARP – Memiliki kepanjangan yakni Address Resolution Protocol, adalah sebuah protokol yang bertanggung jawab untuk mencari tahu alamat sebuah hardware ataupun host dalam sebuah jaringan topologi internet. Peran protokol ini bekerja pada lapisan layer ke 2 dan 3 pada osi layer.

Berikut ini merupakan fungsi yang dapat dilakukan oleh protokol ARP pada sebuah jaringan :

 

Fungsi Protocol ARP

Memerintahkan setiap Host yang terhubung pada sebuah jaringan yang sama harus saling berkomunikasi menggunakan alamat fisik (Mac Address) dan tidak menggunakan IP Address.

Memeriksa data komputer dengan cara mendapatkan IP address dan host, maka data berupa Mac address bisa didapatkan. Namun apabila alamat fisik tidak ditemukan maka peran protokol ini difungsikan untuk mencari alamat yang cocok untuk diberikan kepadanya.

 

Kinerja Protocol ARP

Pada saat kita terhubung pada jaringan, kita menggunakan komputer untuk menghubungi komputer lainnya yang terhubung pada jaringan yang sama.

Pada mulanya protokol ini melakukan sebuah pengiriman pesan yang bersifat broadcast atau menyeluruh kepada seluruh bagian pada perangkat jaringan komputer tujuan. Didalam sebuah pesan tersebut berisikan permintaan alamat Mac Address atau Host.

Setelah pesan sudah sampai pada host tujuan, maka komputer tujuan akan membalas pesan tersebut dengan sebuah balasan yang berisikan alamat fisik Mac address berdasarkan jaringan dan perangkat.

Sehingga apabila tidak ditemukan alamat fisik maka protokol ini dapat berfungsi untuk menerjemahkan ip address ke dalam alamat fisik(Mac Address) untuk melakukan komunikasi antara komputer yang satu dengan komputer lainnya.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Protocol ARP : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya Didalam Jaringan.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments