Saturday, September 28, 2019

Sistem Operasi DOS : Pengertian Dan Fungsinya Lengkap

Jokam-Informatika.com Sobat tahukah kalian dengan Sistem Operasi DOS ini ? sistem operasi ini biasanya tersedia pada laptop yang masih baru, biasanya pembeli yang tidak mengenal hal ini akan kebingungan karena isi dari laptop tersebut bukanlah windows ataupun linux. Dan kebanyakan dari mereka menganggap bahwa laptop tersebut masih kosongan atau belum terinstall sistem operasi. Anda tidak perlu khawatir karena saya akan mengulas tentang sistem operasi tersebut berikut ini.

Pendapat bahwa operating system DOS adalah Laptop yang kosongan merupakan pendapat yang kurang benar.

Lalu, bagaimanakah penjelasan yang benar ?

Berikut ini adalah penjelasannya,

 

Sistem Operasi DOS – Memiliki kepanjangan yakni Disk Operating System(DOS). DOS merupakan OS default yang ada pada perangkat komputer pribadi setiap komputer tersebut dipasarkan. Sistem operasi ini digunakan dengan cara perintah teks atau command line, sebenarnya sistem operasi ini lebih dahulu lahir dari pada windows dan digunakan pada tahun 1980 jadi pada saat itu windows masih belum ada dan sistem operasi ini sudah digunakan. Sangat tua sekali bukan ?

Sekarang, sistem operasi windows berjalan di belakang layar komputer dan akan beroperasi apabila komputer sudah dinyalakan. Maka apabila keyboard dan mouse ketika komputer dinyalakan keduanya akan menyala berarti sistem operasi tersebut sedang bekerja.

Kenapa tidak windows saja sebagai sistem operasi default dan jauh lebih keren ?

Tentu hal tersebut sangat berbahaya apabila difungsikan seperti demikian, karena DOS akan mencover OS yang sudah diinstall misalkan windows sedang mengalami kendalam atau kerusakan, maka DOS bertindak untuk memeriksa kerusakan dan memberikan akses pada drive. Akses drive sangat kita butuhkan apabila kita ingin mengubah sistem operasi yang rusak tersebut dengan yang baru.

 

Fungsi Sistem Operasi DOS

Fungsinya tidak hanya diatas itu saja, karena sebenarnya sistem operasi ini memiliki beberapa fungsi lain. Berikut ini merupakan fungsi lain dari operating system DOS :

  • Mengatur alokasi memori.
  • Mampu mengorganisasi dan mengendalikan task pada sistem komputer.
  • Mengatur proses input output data.
  • Memeriksa hardware dan memfungsikannya.
  • Dapat melakukan management file & directory.

 

Baca juga lainnya :

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Sistem Operasi DOS : Pengertian Dan Fungsinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Sistem Operasi DOS.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments