Monday, September 23, 2019

Bookmark : Pengertian, Kelebihan Dan Cara Membuat Bookmark Browser Google Chrome

Bookmark Google Chrome

Jokam-Informatika.com Tahukah kalian dengan Bookmark ? bagi sobat yang gemar menggunakan browser pastinya memiliki website favorit yang sobat selalu kunjungi misalkan Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Jika website tersebut memang sering sobat kunjungi maka alangkah lebih baiknya untuk dipasang sebagai bookmark, sehingga apabila sobat sewaktu-waktu ingin mengakses maka sobat tidak perlu repot-repot untuk menulis alamat secara penuh lagi.

Kebanyakan seseorang tidak mengetahui apa itu bookmark dan bagaimanakah cara penggunaannya.

Penasaran bagaimana cara menggunakannya ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mempelajarinya beserta tutorialnya,

 

Bookmark – Adalah sebuah metode dari browser untuk pengguna agar website atau alamat yang sering pengguna kunjungi bisa dapat terus digunakan tanpa harus merepotkan pengguna ketika hendak ingin mengunjunginya kembali, alangkah repotnya kita jika harus menulis alamat website secara lengkap pada bar browser secara terus menerus ketika hendak berkunjung.

Biasanya browser sudah menyediakan fitur ini bagi penggunanya agar mereka lebih mudah ketika hendak mengunjungi sebuah website, akan tetapi nyatanya banyak orang awam yang tidak mengetahui fitur ini sehingga mereka lebih memilih menggunakan cara manual dengan cara mengetik alamat website secara penuh. Bagi anda yang termasuk didalamnya maka anda harus bersyukur karena di sini saya akan memberikan cara untuk melakukannya.

Berikut ini merupakan tutorial yang dapat anda praktekan pada browser Chrome di pengguna windows :

  • Pertama, buka aplikasi Google Chrome yang anda miliki.
  • Kedua, (1). Kemudian anda klik kanan dan (2). Pilih “Tambahkan laman” pada bagian yang ada pada gambar dibawah ini :

Add pages

 

  • Ketiga, anda akan disuguhkan formulir pengisian. (1). Pada kolom Nama isi Nama sesuai dengan apa yang anda kehendaki (2). Pada kolom URL isi data alamat website yang sobat sering kunjungi(ingin anda simpan) (3). Kemudian klik “Simpan“. Seperti gambar berikut ini :

Saved

 

  • Keempat, maka anda akan menjumpai bookmark yang sudah anda buat pada tutorial di atas menjadi seperti gambar dibawah ini :

Pictures

 

  • Kelima, apabila sobat ingin memindahkan bookmark ke bagian kiri atau sisi kanan maka sobat bisa menggesernya dengan cara (1). tahan klik kiri pada bookmark sobat (2). kemudian dengan menggeserkan mouse. Seperti gambar berikut :

Dragging

 

Dengan cara menata bookmark maka tampilan browser anda akan terkesan lebih rapi dan baik untuk sobat pandang. Apabila sudah anda drag maka posisinya akan berpindah sesuai dengan drag prepindahan yang tadi anda terapkan, seperti gambar berikut ini :

 

Done

 

Cukup mudah bukan ?
Karena minimnya penggunaan ini maka saya membuat artikel ini agar salah satu fitur dari browser yang sangat penting ini bisa dapat digunakan oleh siapapun termasuk orang yang masih awam sekalipun.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Bookmark : Pengertian, Kelebihan Dan Cara Membuat Bookmark Browser Google Chrome.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang menyimpan halaman juga alamat web.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments