Wednesday, August 21, 2019

Agar Background Dan Kamera Game Mengikuti Atau Follow Pemain Pada Aplikasi Unity 3D

Background Follow Screen Unity

Jokam-Informatika.com Dalam sebuah permainan 2D(2 Dimensi) aplikasi Unity 3D pastinya istilah background sudah melekat dan tidak asing di dalamnya, dengan adanya background ataupun pemandangan maka game menjadi lebih hidup di mata pemain karena memiliki pemandangan gambar follow pada kamera meskipun karakteristik dari player bukan 3D(3 Dimensi).

Sedangkan sebuah permainan pastinya memiliki alur atau jalan sebuah game. Nah, setiap jalan cerita pastinya harus diberi sebuah pemandangan. Memang, jika kita menempatkan gambar background satu persatu tersebut dapat kita lakukan akan tetapi apabila alur pada game yang sobat kerjakan sangat panjang maka hal ini bisa menguras waktu dan juga stamina sobat. Sobat hanya menggunakan tidak lebih dari puluhan gambar ternyata dapat digunakan pada game sebagai background tetap pada scene, cukup 1 skrip dan 1 gambar sobat tidak memerlukan background yang sobat buat secara memanjang sampai akhir cerita game.

Lalu, bagaimanakah cara membuatnya ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya beserta script nya.

 

Follow Kamera – Adalah metode/teknik aplikasi Unity 3D yang digunakan pada permainan 2 dimensi dengan fungsi agar satu gambar/background bisa digunakan sebagai pemandangan ketika karakter berada di mana saja, selain itu ketika karakter bergerak atau berpindah tempat maka kamera yang memiliki script ini akan mengikuti sesuai dengan kehendak karakter saat ingin berpindah tempat. Script ini dibuat hanya fokus pada tag tertentu yakni “Player”, jika anda ingin memfokuskan pada objek yang lain maka pastikan tag sudah sesuai dengan objek yang anda kehendaki. Untuk pemain tunggal maka hal itu tidak perlu dilakukan(Tag lain) karena pemain hanya terdapat satu orang saja.

Saat kamera mengikuti player kemanapun ia berpindah maka kamera bisa membantu anda untuk mengetahui keadaan pemain saat ia berada di manapun. Untuk menerapkannya maka sobat harus memiliki satu gambar background yang memiliki resolusi yang baik, berikut ini adalah tutorialnya :

  • Pertama, pada project milik sobat, objek paling atas biasanya adalah “Main Camera“. Letakan background anda kedalamnya agar gambar juga termasuk bagian dari script yaitu mengikuti player.

Main Camera

 

  • Kedua, buatlah script dengan cara pada project kosongan yakni (1). Klik kanan. (2). Pilih “Create“. (3). Pilih “C# Script“. Saat file sudah tersedia maka beri nama file sebagai “Camfoll“.

Camfollow

 

  • Ketiga, Setelah file jadi maka edit file dan beri coding sebagai berikut ini :
using UnityEngine;using System.Collections;public class Camfoll : MonoBehaviour { public float MarginX = 0.5f;   public float MarginY = 0.5f;   public float SmoothX = 4f;   public float SmoothY = 4f;  public Vector2 MaxXAndY;  public Vector2 MinXAndY; private Transform player; void Awake () {  player = GameObject.FindGameObjectWithTag("Player").transform; } bool CheckXMargin() {  return Mathf.Abs(transform.position.x - player.position.x) > MarginX; } bool CheckYMargin() {  return Mathf.Abs(transform.position.y - player.position.y) > MarginY; } void FixedUpdate () {  TrackPlayer(); } void TrackPlayer () {  float targetX = transform.position.x;  float targetY = transform.position.y;  if(CheckXMargin())   targetX = Mathf.Lerp(transform.position.x, player.position.x, SmoothX * Time.deltaTime);  if(CheckYMargin())   targetY = Mathf.Lerp(transform.position.y, player.position.y, SmoothY * Time.deltaTime);  targetX = Mathf.Clamp(targetX, MinXAndY.x, MaxXAndY.x);  targetY = Mathf.Clamp(targetY, MinXAndY.y, MaxXAndY.y);  transform.position = new Vector3(targetX, targetY, transform.position.z); } }

Jangan lupa save file dengan cara “CTRL+S” agar file tersimpan dengan baik dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

 

  • Kempat, Saat file sudah tersimpan maka sobat bisa beralih ke Unity Editor kemudian (1). Klik “Main Camera“. (2). Lalu drag file barusan yang sudah kita edit kedalam inpektor Main Camera. (3). Tepat di bagian yang kosong pada inspektor.

Camfoll in MainCam

 

  • Kelima, Saat sudah terimput maka sesuaikan bagian inspektor tersebut seperti gambar berikut ini :

Inspector

 

  • Keenam, Jangan lupa, langkah terakhir pada pemain sobat harus mendeklarasikan pemain kedalam tag “Player” agar script dan objek pemain dapat berjalan dengan baik. (1). Klik object karakter pemain didalam game sobat. (2). Pilih tag “Player“.

Player

NB : Jika sobat menginginkan tag lain maka sobat bisa mengubah didalam script pada bagian “Player” dengan tag sobat sendiri.

Cukup mudah bukan ?

Untuk posisi apabila tidak sesuai dengan keinginan sobat maka sobat bisa mengubah angka yang ada didalam inspektor sesuai dengan keinginan sobat.

 

Artikel terkait :

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Supaya Background Dan Kamera Game Mengikuti Atau Follow Pemain Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Supaya Background Dan Kamera Game Mengikuti Pemain Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments