Tuesday, August 8, 2017

Pengertian DNS Server Secara Lengkap

Pengertian DNS Server Secara Lengkap





DNS adalah kepanjangan dari Domain Name System, pada zaman globalisasi ini untuk berhubungan dengan berbagai media maka digunakanlah IP yang bersifat numerik dan unik jadi setiap lokasi itu akan mempunyai IP yang berbeda-beda. namun hal tersebut juga berlaku untuk server agar dapat diakses maka dijadikanlah IP sebagai jalan untuk masuk kedalamya.

Contoh :
www.google.com memiliki IP misal 8.8.8.8

maka kinerja itu adalah bernama DNS dan menggabungkan alamat dengan IP menjadi satu kesatuan kemudian diterjemahkan untuk dapat mengakses server tersebut.

apabila tidak ada DNS maka hal yang terjadi adalah :
1. orang akan bingung tentang alamat website yang mereka sukai karena mereka biasa mengakses lebih dari 5 situs.
2. sistematik dari tatanan website amburadul
3. menjadikan sasaran empuk para hacker dalam melancarkan serangannya.
4. akan mudah sekali terjadi tabrakan antaran website.
dan lain sebagainya.

untuk mengakses situs website google tersebut anda cukuplah untuk memasukan alamat dari DNS tersebut yaitu google maka akan redirect sendirinya ke server dan dianggap sama mengakses menggunakan IP.

Apa itu DNS ?
DNS merupakan pola kerja dari system yang berfungsi melayani permintaan client untuk pengakses an server menggunakan alamat yang terlah ditentukan didalam server agar dapat mengakses tanpa menggunakan IP yang terlalu rumit

Bagaimana Cara Pembuatan Dan Kinerja DNS ?
Untuk cara pembuatannya adalah dengan menggunakan server khusus yang mempunyai kapasitas memory yang kuat dan besar agar sewaktu-waktu tidak overload karena dibanjiri akses kedalam server, pembuatannya menggunakan IP yang didapat server dari penyedia Internet sendiri, maka setelah itu IP dimasukan kemudian di setting agar ketika pengunjung memasukan IP atau Domain Name maka akan mengarah ke konfigurasi DNS yang telah ditetapkan pada server dengan cara IP.in addr.arpha agar dapat menuju ke file konfigurasi. setelah pengunjung masuk kedalam konfigurasi maka server akan menjalankan file public dan lokal , fungsi public adalah untuk mengalihkan IP public tersebut menjadi ke IP lokal yaitu 127.0.0.1 kemudian Fungsi file lokal adalah memberi akses masuk kedala server. apabila tanpa file lokal dan IP 127.0.0.1 mungkin anda hanya mentok sampai IP yang anda akses dan tidak bisa melihat isi dari server itu sendiri yang memiliki IP lokal untuk mengakses.

Cukup rumit bukan?
memang, namun hal tersebut diatas untuk memudahkan manusia dalam mengunjungi server yang ingin dia gunakan, maka ditemukannya cara agar dapat mengakses server dengan menggunakan IP yang dirancang banyak sekali agar dapat digunakan server lain untuk melabeli servernya dan kemudian DNS berperan dalam pengalihan dan penerjemahan IP ke Domain atau sebaliknya.





Mungkin cukup sekian artikel yang membahas tentang Pengertian DNS Server Secara Lengkap.
Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian yang tidak mengetahui selama ini yang kalian gunakan untuk mengunjungi website agar lebih faham dan menambah pengetahuan kalian.
Sekian dan Terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments