Tuesday, August 8, 2017

Pengertian Dan Fungsi System Operasi Lengkap

Pengertian Dan Fungsi System Operasi





Mungkin banyak dari kalian bingung tentang hal ini,
Apa sih yang dinamakan System Operasi itu ?

System Operasi adalah perangkat bagian dalam komputer yang tidak dapat dilihat karena berbentuk installer dan bertugas sebagai pengatur dalam menjalankan hardware maupun software. termasuk juga game dan aplikasi-aplikasi komputer lainnya agar dapat mempermudah dalam kegiatan manusia.

Sistem Operasi Komputer adalah software pada komputer dan berada pada lapisan yang pertama adapun letaknya terdapat pada memori komputer (Hardisk) dan beroperasi pada saat komputer sedang dalam keadaan dinyalakan. Adapun software akan dijalankan apabila Sistem Operasi Komputer tersebut sudah berjalan dengan baik, pada saat Operasi System tersebut berjalan maka OS tersebut akan menjalankan operasinya contoh editing disk, manage memory, tasking, dan lain sebagainya. Maka, software tidak perlu lagi melakukan hal apapun agar dapat berjalan untuk dirinya sendiri, karena Sistem Operasi lah yang akan menyediakan media untuk bergerak pada komputer anda untuk aplikasi. Bagian System Operasi yang melakukan yang membantu dalam tugas aplikasi dan semua hal umum tersebut adalah dikenal dengan nama kernel Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi adalah sebagai sarana penghubung diantara beberapa lapisan hardware dan juga lapisan dari software dari device tersebut. Perlu diketahui juga bahwa, Sistem Operasi juga dapat melakukan semua perintah penting yang dimasukan oleh user kedalam device maupun perintah dari mesin device itu sendiri, Selain itu System Operasi dalam menjalankan apapun yang dia kerjakan juga tidak memilih-milih berdasarkan jenis dan kinerja namun System operasi akan mengerjakan apa yang diperintahkan secara sistematik ini bisa disebut dengan Multitasking, demikian itu Sistem Operasi tersebut akan akan menjadwalkan setelah adanya perintah tersebut maka akan dilaksanakan pada waktu ke berapa, apabila spesifikasi device anda tinggi maka semakin cepat dan tanggap pula dari kinerjanya, sehingga saat Operasi Sistem dari device tersebut berjalan dapat dipastikan aplikasi atau aktivitas perangkat lain tidak akan terganggu dan tetap terus berjalan semestinya.

adapun tampilan dan juga fungsi kinerja Operating System sangat bervariasi, ada yang memang dipergunakan untuk Server Website, untuk Mobile phone, untuk Play Game, untuk Networking, untuk Virtual Server pribadi dan paling umum digunakan adalah untuk semua kalangan umum.

System Operasi yang biasa dipakai adalah :


1. Mobile Phone


iOS

Android


2. Computer
Windows

Linux


3. Game Console

PlayStation

X-box


4. Networking

Cisco 

MikroTik



Itulah beberapa dari kategori System Operasi dalam pembahasan Pengertian Dan Fungsi System Operasi.





Semoga dengan adanya artikel saya ini dapat membantu menambah wawasan para pengunjung baik itu yang sudah mengetahui bahkan sampai yang awam sekalipun agar lebih menambah pengetahuan tentang Fungsi Dan Pengertian System Operasi.
Apabila ada kekurangan mohon bantu untuk membetulkan di kolom komentar dibawah artikel dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments