Saturday, November 16, 2019

Pengertian Dan Fungsi Bandwidth Didalam Internet Lengkap

Pengertian Fungsi Bandwidth

Jokam-Informatika.com Apakah sobat tahu pengertian dan juga fungsi dari bandwidth ?. Untuk seseorang yang tidak benar-benar memahami beberapa peran internet on server biasanya cukup kebingungan jika mendengar istilah itu. Sehingga saya disini akan menjelaskan kepada semua orang bahkan awam sekalipun untuk dijadikan sebagai penambah wawasan sobat dibidang keilmuan.

Penasaran seperti apakah pengertian dan juga fungsi dari bandwith itu ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Bandwidth – Disini kami akan memuat informasi berupa pengertian dan juga fungsi bandwith didalam internet. Mungkin dari kalian banyak yang tidak faham dari pembahasan ini, tapi apakah kalian sadar bahwa bandwidth adalah sesuatu yang setiap hari kalian nikmati. Bagaimana tidak karena kalian mengakses website maka secara otomatis kalian akan menjumpai yang namanya bandwidth.

 

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan perhitungan dari arus bolak balik suatu data pada website anda yaitu dari fungsi download dan upload dari client (Pengakses) dengan website (Server). Dalam kategori ini yang menentukan besar tinggi suatu bandwidth adalah dari konten dan juga keramaian pengunjung. Semisalnya konten anda sangat tinggi dalam artian File yang dimuat sangat besar Contohnya adalah video maka apabila pengunjung anda melihatnya maka kapasitas bandwidth didalam server anda semakin berkurang.

Dan juga semisal konten anda ringan contohnya adalah artikel penuh dengan pengetahuan dan tutorial meski banyak kata namun huruf adalah ektensi tidak sebesar file namun pengunjungnya ratusan ribu dan seperti itulah juga dapat mengurangi bandwidth anda.

biasanya setelah bandwidth habis maka akan otomatis halaman anda tidak dapat diakses karena dalam kondisi kehabisan bandwith. Namun hal itu akan kembali/terreset saat awal bulan dan website anda akan bisa kembali untuk diakses. Namun untuk anda yang tidak ingin menunggu maka anda bisa mengupgrade dari kapasitas ataupun sekedar isi ulang kembali.

 

Fungsi Bandwidth

Fungsi utama dari bandwidth adalah untuk mencegah server terus diakses secara besar-besaran karena selain dapat merusak hardware dari server juga dapat disalahgunakan. Namun pada domain dari blogspot memiliki bandwidth unlimited, mungkinkah domain dan hosting membatasi karena komersial? oke kembali ke topik. Fungsi kedua juga dapat mengetahui seberapa sering pengunjung mengunjungi website kita.

adapun yang dapat mempengaruhi pemakaian Bandwith adalah sebagai berikut :

  • Upload dan Download

Apabila anda mempunyai situs yang berperan sebagai media download ataupun media streaming, maka disarankan untuk menggunakan jasa yang mempunyai data bandwidth yang benar-benar besar atau kalau bisa yang unlimited agar lancar.

  • Loading Website

Meski loading sangat remeh sekali bukan tidak sebagai satu alasan terkurasnya dari data bandwidth anda sendiri meski sedikit demi sedikit. Apabila banyak pengunjung maka bukan sebagai masalah kecil ya, karena anda akan menghadapi harus menunggu bulan depan atau upgrade bandwidth seperti semula.

  • Iklan, Widget, Script dan Eksekusi

Pada pengaruh nomor ini sebenarnya hampir sama dengan Loading website karena dapat memakan sedikit demi sedikit bandwidth saat sedang berjalan di website anda. Cara menghemat dari bandwidth adalah dengan menggunakan link atau script sumber dari luar misalkan Jquery untuk Java dan Bootstrap untuk CSS dan gambar dari luar. Namun bukan berarti copaser ya namun anda pilahlah mana saja yang berat yang harus di import dari luar agar bandwidth anda tetap hemat.

 

 

Sekian dari saya semoga artikel saya ini yang membahas Pengertian Dan Fungsi Bandwidth Lengkap. dapat bermanfaat untuk anda dikemudian hari.
Apabila ada kekurangan dalam artikel seperti kekurangan pembahasan ataupun masalah pada sesuatu pembahasan bisa memberi masukan dibawah artikel ke komentar dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.

 

Kata Kunci :

  • bandwidth management
  • bandwidth limit exceeded
  • bandwidthplace
  • bandwidth manager
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments