Thursday, November 28, 2019

Data Link Layer : Pengertian, Ciri-Ciri Dan Fungsinya

Data Link Layer

Jokam-Informatika.com Bagi sobat yang tidak mempelajari komputer dan jaringan pastinya sangat asing dengan istilah Data-Link Layer, Data link berapa di lapisan OSI yang ke-6.

Penasaran seperti apakah itu Data Link Layer ?

Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap,

 

Data Link Layer – adalah salah satu dari 7 OSI layer, dalam proses transmisi data link memiliki posisi ke-6 pada proses transmisi pengiriman data. Data link pada dasarnya adalah lapisan OSI Reference Model for Open Networking yang memiliki peran penting untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antara kedua jaringan. Sehingga dengan adanya Layer ini maka setiap paket data akan diolah maupun diterima oleh user. Sehingga pada saat proses ini bekerja akan dilanjutkan ke Network Layer atau Physical Layer untuk diolah lebih lanjut.

 

Ciri-Ciri

Salah satu ciri utama yang harus kita ketahui bahwasannya data link merupakan salah satuu lapisan fisik yang memiliki alamat sendiri yang sudah dikodekan sebelumnya kedalam sesi jaringan Network Card(Kartu Jaringan) ketika perangkat tersebut dipasangkan kepada board komputer.

Inilah yang disebut dengan istilah MAC Address, sehingga dapat dikatakan kalau MAC Address merupakan salah satunya komponen dari Data-Link Layer.

 

Fungsi

Layer pada komputer pada umumnya bekerja di keahlian masing-masing, sehingga semua tugas akan dilakukan sesuai perintah dan prosedur masing-masing. Tidak ada sesi layer yang conflik atau tubrukan karena sudah mendapat tugas sendiri-sendiri, berikut ini merupakan tugas khusus dari lapisan ini :

  • Melakukan Proses Grouping Logic

Fungsi utama Data-Link ini adalah menyatukan beberapa paket yang tidak terlihat menjadi paket yang utuh. Ketika uraian paket berjalan melalui lapisan OSI layer maka paket data yang sudah masuk akan terpecah belah menjadi berbagai bagian. Nah, tugas dari lapisan Data-Link adalah menyatukan paket kembali sehingga menjadi utuh dan siap di proses.

Data kecil tersebut disebut dengan istilah frame, kemudian frame akan disusun membentuk data utuh byte sebelum dilanjutkan ke lapisan berikutnya. Selain itu juga dapat memecah data byte menjadi berbagai frame untuk memenuhi keluarnya data ke server.

  • Menyediakan akses media via MAC Address

Sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya, lapisan ini memiliki alamat adress sendiri yang khusus dan permanen dengan istilah MAC Address. Mac address sendiri adalah alamat yang sebuah perangkat yang dicetak secara permanen untuk perangkat dan dipatenkan didalam ROM. Sehingga pada saat pengguna ingin menggunakan komponen maka komputer akan menggunakan alamat fisik komponen untuk dijalankan, setiap komponen memiliki alamat berbeda sehingga komponen yang anda inginkan tentunya akan berbeda dengan komponen lain.

  • Mendeteksi Kesalahan Paket Transmisi

Fungsi utamanya adalah melakukan grouping atau menyatukan paket data, sehingga apabila ditemukannya paket data yang tidak dapat disatukan sehingga hal ini dianggap sebagai kesalahan paket maka lapisan Data-Link akan melaporkan hal ini kepada lapisan berikutnya yakni Network Layer maupun Physical Layer.

Sedangkan perangkat yang bekerja pada Lapisan ini didalam komputer adalah Lan Card atau Kartu Jaringan, Sedangkan perangkat eksternal yang bekerja dengan fungsi Data-Link adalah perangkat yang menggunakan MAC Address untuk transmisinya yakni (Access Point, Modem, Router, Bridge, Switch dan lain sebagainya).

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Data Link Layer : Pengertian, Ciri-Ciri Dan Fungsinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Data-Link Layer.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments