Monday, September 16, 2019

Kabel ATA Dan SATA : Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan SATA

Kabel ATA Dan SATA

Jokam-Informatika.com Tahukah kalian dengan yang namanya kabel ATA dan SATA ? Keduanya berperan penting untuk menghubungkan antara hardisk dengan motherboard didalam sebuah CPU(Central Processing Unit). Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan baik dari segi fisik maupun fungsionalnya.

Namun apa sajakah yang membedakan antara keduanya ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

 

Pengertian Kabel

  • Kabel ATA

ATA (Advanced Technology Attachment) adalah sebuah kabel konektor yang diciptakan pada tahun 1986 dan komponen nya masih menggunakan 16 bit paralel. Kabel ATA masih terus dikembangkan hingga mencapai versi ketujuh pada tahun 2001 yang memiliki kecepatan hingga 133 mbps. Pada jenis komputer yang masih produksi yang lama biasanya masih membutuhkan kabel jenis ini untuk menghubungkan antara hardisk atau CD dengan komponen peripheral komputer. Komputer jenis tersebut biasanya memiliki prosesor pentium 4 ke bawah.

Konektor pada kabel ini memiliki jumlah pin sebanyak 40 pin dan panjang kabel ini maksimal adalah 8 inci atau 47 cm.

 

  • Kabel SATA

SATA (Serial Advanced Technology Attachment) atau dikenal dengan istilah Serial ATA, adalah jenis kabel yang merupakan perkembangan dari model kabel sebelumnya yaitu ATA. Sehingga dipastikan bahwa kabel ini adalah generasi berikutnya setelah kabel ATA, maka hal ini menyebabkan banyak sekali komputer yang menggunakan teknologi kabel ini untuk menghubungkan hardisk atau CD, karena kabel konektor ini memiliki keunggulan yaitu mempunyai transfer yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya.

Konektor pada kabel ini memiliki jumlah pin sebanyak 15, ukuran pin nya juga relatif lebih kecil ketimbang pin pada konektor jenis ATA. Akan tetapi konektor jenis SATA memiliki keunggulan pada kecepatan yang dimilikinya yang dapat mencapai kecepatan hingga 150 mbps.

 

Perbedaan Kabel ATA Dan SATA

Dari sekilas dipandang kedua kabel ini memang sangatlah mudah untuk dikenali dan dibedakan, namun untuk orang yang belum mengetahui perbedaannya dan nama dari perbedaan tersebut biasanya tidak dapat membedakan nya dan mungkin juga bingung untuk memasang kabel konektor tersebut ke bagian mana ?

Berikut ini adalah gambar yang membedakan kedua kabel tersebut :

 

 

Gambar (Kabel ATA)

Kabel ATA

Kabel ATA

 

Gambar (Kabel SATA)

Kabel SATA

Kabel SATA

 

Kelebihan Kabel SATA

Fungsi kedua kabel tersebut pada dasarnya tidak terlalu berbeda akan tetapi kemampuan dari kabel itulah yang dapat membedakan fungsionalnya. Dan kabel SATA lebih unggul fungsional nya ketimbang kabel ATA.
Berikut ini merupakan 5 keunggulan dari kabel SATA :

  1. Cocok untuk membaca Harddisk yang berkapasitas besar.
  2. Pemasangan kabel yang sangat mudah.
  3. Tidak memerlukan jumper setting dengan benar.
  4. Kabel SATA menggunakan tenaga elektrik (power consumption), hal ini tidak ada pada seri kabel SATA sehingga harddisk tipe ATA/IDE cepat panas apabila digunakan, tetapi harddisk SATA masih tidak panas walaupun telah lama digunakan.
  5. Dan tidak memerlukan banyak ruang, karena ukurannya yang relatif.

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Kabel ATA Dan SATA : Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan SATA.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Kabel ATA Dan SATA.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments