Jokam-Informatika.com – Sobat mungkin kemarin sudah mempelajari dan menerapkan tutorial dalam hal membuat gerakan dan juga fungsi lompatan pada karakter di dalam aplikasi Unity 3D, nah karakter yang kalian miliki pastinya tidak dapat menghadap kiri dan kanan(Flip Face) ketika tombol gerak digunakan. Secara default karakter dimulai menghadap ke kanan, sehingga apabila tidak diterapkan fungsi flip face maka ketika dimainkan karakter akan tetap menghadap ke kanan.
Pada penerapan yang akan kita terapkan pada aplikasi ini akan memakai fungsi saklar flip flop dengan kombinasi angka dan juga perkalian pada saat tombol itu ditekan.
Bagaimanakah cara penerapan fungsi Flip Face kedalam aplikasi dengan menggunakan kode ?
Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui tutorial beserta dengan kodingnya secara lengkap,
Flip Face – Adalah sebuah fungsi yang mana fungsi itu berguna untuk menerapkan hadapkan wajah karakter pada posisi yang sesuai dengan kenyataan di dunia, ketika karakter dituntut untuk bergerak ke kanan maka wajah karakter haruslah menghadap ke kanan. Sebaliknya apabila karakter dituntut untuk bergerak atau berjalan ke kiri maka wajah dari karakter juga harus menghadap ke kiri.
Sehingga fungsi ini mencegah karakter berjalan mundur. Berikut ini merupakan tutorial beserta kode yang akan saya berikan di bawah ini :
- Pertama, pastikan sobat berada pada aplikasi dan juga script utama daripada karakter game milik sobat di Unity 3D.
- Kedua, (1). Klik kanan pada file script. (2). Pilih “Open“.
- Ketiga, kemudian berikan kode fungsi Flip Face berikut ini :
1. Deklarasi Fungsi Flip Face
Pada penerapan deklarasi kita akan memakai jenis data Boolean dan juga Integer. Edit pada bagian public class Player_Controller : MonoBehaviour { DISINI } dan tambahkan kode berikut ini :
// Dec for Flip Face public bool Hadap; public int Pindah;
2. Fungsi Flip Face
Pada penerapan fungsi didalam Update maka akan memilah terhadap arah wajah beserta dengan value yang didapat oleh script melalui sentuhan button atau keyboard. Edit void Update () { DISINI } dengan skrip berikut :
// Function Flip Face if (Pindah > 0 && !Hadap) { Hadap_Badan (); } else if (Pindah < 0 && Hadap) { Hadap_Badan (); }
3. Penambahan Fungsi Eksternal
Diluar class yang ada namun masih didalam class utama, maka kita akan membuat fungsi void baru dengan menggunakan koding berikut ini :
// Function Flip Face Transform void Hadap_Badan() { Hadap = !Hadap; Vector3 character = transform.localScale; character.x *= -1; transform.localScale = character; }
4. Pemasangan Saklar
Hadap Kiri :
Kita harus menambahkan Pindah = 1; kedalam koding yang menerapkan fungsi gerak kekiri pada karakter. Sehingga nantinya karakter bergerak kekiri dengan menghadap kekiri tentunya.
if (Input.GetKey (KeyCode.A)) { transform.Translate (Vector2.left * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else if (Input.GetKey (KeyCode.A) && Input.GetKey (KeyCode.Space)) { transform.Translate (Vector2.left * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else { Animation.SetBool ("Walk Pocong", false);}
if (Input.GetKey (KeyCode.A)) { Pindah = 1; transform.Translate (Vector2.left * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else if (Input.GetKey (KeyCode.A) && Input.GetKey (KeyCode.Space)) { Pindah = 1; transform.Translate (Vector2.left * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else { Animation.SetBool ("Walk Pocong", false);}
Hadap Kanan :
Kita harus menambahkan Pindah = -1; kedalam koding yang menerapkan fungsi gerak kekanan pada karakter. Sehingga nantinya karakter bergerak kekanan dengan menghadap kekanan tentunya.
if (Input.GetKey (KeyCode.D)) { transform.Translate (Vector2.right * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else if (Input.GetKey (KeyCode.D) && Input.GetKey (KeyCode.Space)) { transform.Translate (Vector2.right * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else { Animation.SetBool ("Walk Pocong", false);}
if (Input.GetKey (KeyCode.D)) { Pindah = -1; transform.Translate (Vector2.right * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else if (Input.GetKey (KeyCode.D) && Input.GetKey (KeyCode.Space)) { Pindah = -1; transform.Translate (Vector2.right * Speed * Time.deltaTime); Animation.SetBool ("Walk Pocong", true);} else { Animation.SetBool ("Walk Pocong", false);}
- Keempat, jangan lupa setelah menerapkan semua fungsi diatas untuk menyimpan hasil kerja project kita dengan cara “CTRL + S” agar terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan pada project kita saat terjadi masalah.
- Kelima, sobat bisa memeriksa hasilnya dengan memainkan game pada tab “Game” didalam aplikasi.
Artikel terkait :
- Membuat Deteksi Tanah Dan Melompat Multi Jumpper 2 Sampai 3 Kali Diudara Pada Aplikasi Unity 3D
- Menggerakan Karakter Dan Animasi Object Player Dengan Script C# Pada Aplikasi Unity 3D
- Membuat Animasi Karakter Game Pada Aplikasi Unity 3D
Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Menerapkan Fungsi Flip Face Hadapan Wajah Karakter Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Fungsi Flip Face Hadapan Wajah Karakter Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.