Saturday, September 22, 2018

Tagging input Maxlength Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <input> Maxlength Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging input Maxlength Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Pernah kah sobat menjumpai sebuah form yang mengharuskan kita memasukkan data karakter tulisan dengan jumlah maksimal tertentu ? Nah, atribut ini berfungsi menangani hal itu sehingga pengunjung ataupun pendaftar tidak dapat memasukkan karakter yang melebihi kapasitas kemampuan server. Biasanya atribut ini diterapkan untuk jenis formulir username, password, pin dan lain sebagainya. Karena jika kita tidak menggunakan peraturan batas maksimum biasanya pengguna yang ingin usil akan mengirimkan data karakter bertubi-tubi bahkan banyak karakter alias spam.

Nah, salah satu atribut yang dimiliki Tag Input adalah "Maxlength".

Seperti apakah fungsi dari Atribut Maxlength pada Tag Input pada HTML ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Maxlength - Adalah salah satu atribut yang dimiliki oleh tag Input pada pemrograman HTML dan berperan penting untuk memberi batas maksimum karakter pada sebuah input form. Sehingga pengunjung ataupun calon pendaftar hanya bisa menginputkan data mereka tidak lebih dari batas maksimal yang sudah ditentukan pada pengkodean halaman pendaftaran website tersebut. Namun, untuk karakter jenis nomor maka anda bisa memakai atribut max untuk menentukan nomor maksimal yang boleh digunakan.

Apabila sobat ingin menerapkannya pada website kalian maka sobat dapat mempelajari cara pengkodean di bawah ini :


Syntax :

<input maxlength="Value">

Penerapan Syntax :


<form action="#">
 Username  <input type="text" name="username" maxlength="8"><br>
 <input type="submit">
</form>


Value Maxlength Input :

No.

Value

Fungsi

1
number
Berfungsi untuk mendefinisikan jumlah karakter(selain nomor) yang diperbolehkan pada saat pengunjung ataupun pendaftar menginputkan data mereka(termasuk spasi).


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <input> Tagging ?
Klik disini : Tagging <input> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <input> Maxlength Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <input> Maxlength HTML.
Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments