Saturday, September 22, 2018

Tagging input Max Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <input> Max Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging input Max Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pasti pernah menjumpai sebuah formulir yang mewajibkan kita memasukan beberapa digit saja pada form input yang disediakan, hal ini memang pada dasarnya dimanfaatkan dengan tujuan agar pengguna tidak memasukan sembarangan data input yang panjang sehingga ketika terkirim terserver akan membebani kinerja server yang akan menganggap data tersebut adalah spam. Biasanya fungsi atribut ini dimanfaatkan pada jenis form untuk username, telepon, kredit card dan lain sebagainya. Dari kata yang dikandungnya dapat kita mengerti bahwa fungsi utama atribut ini untuk mengatur batas maksimal karakter atau data value dimasukan.

Nah, salah satu atribut yang dimiliki Tag Input adalah "Max".

Seperti apakah fungsi dari Atribut Max pada Tag Input pada HTML ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Max - Adalah salah satu atibut yang dimiliki oleh tag Input dan memiliki fungsi untuk menetapkan batas panjang karakter yang dapat dimasukkan oleh calon pendaftar ataupun visitor, biasanya fungsi utamanya digunakan pada jenis data nomor pada sebuah input seperti halnya nomor kartu kredit dan juga nomor telepon, keduanya memiliki batas angka yang ditetapkan masing-masing. Tanpa adanya atribut ini mungkin pengunjung bisa memasukkan data seenaknya mereka sampai puluhan bahkan ribuan karakter jika mereka menginginkannya, sehingga atribut ini memang diperlukan untuk keamanan dan juga stabil nya server anda. Apabila anda sudah menetapkan atribut ini pada tag Input maka yang semula nya pengunjung bisa memasukkan data berapapun jumlahnya kini menjadi terbatas sesuai dengan ketentuan yang anda tetapkan berapa kapasitas yang diperbolehkan saja.

Apabila sobat ingin menerapkannya pada website kalian maka sobat dapat mempelajari cara pengkodean di bawah ini :


Syntax :

<input max="Value">

Penerapan Syntax :


<form action="#">
 Nomor Telepon : <input type="text" name="headphone" value="+62" size="1" disabled>
 <input type="number" name="bodyphone" max="999999999999" required><br>
 <input type="submit">
</form>


Value Max Input :

No.

Value

Fungsi

1
number
Berfungsi untuk mendefinisikan karakter nomor atau angka paling tinggi yang diperbolehkan.


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <input> Tagging ?
Klik disini : Tagging <input> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <input> Max Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <input> Max HTML.
Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments