Thursday, April 19, 2018

Hub : Pengertian Dan Fungsinya Lengkap

Hub : Pengertian Dan Fungsinya Lengkap




Hub : Pengertian Dan Fungsinya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pasti belum mengetahui tentang apa itu Hub bukan ? biasanya kebanyakan orang hanya mengenal istilah Hub-Switch saja yakni sebagai media untuk menyambungkan jaringan yang memiliki kabel. Akan tetapi hal tersebut terlalu simpel untuk kita ketahui, pasalnya Hub dan Switch ternyata berbeda loh.

Akan tetapi saya disini hanya membahas komponen Hub, sedangkan Switch akan saya bahas di lain kesempatan.

Lalu seperti apakah itu Hub didalam jaringan ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

Hub - adalah salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer antar jaringan yang sama. Perangkat ini bertujuan agar komputer dapat saling berhubungan dengan komputer lain di satu ruang, akan tetapi harus memiliki IP yang satu kelompok class. Apabila ada salah satu port menerima paket data tertentu maka perangkat lain yang terhubung pada hub yang sama dengan si penerima maka semua perangkat dapat mengetahui juga paket tersebu karena dapat membaca port yang sama didalam Hub.

Akan tetapi perangkat Hub ini sudah ditinggalkan di era 2000-an karena adanya teknologi yang jauh lebih baik dan dapat digunakan oleh banyak perangkat komputer yakni Switch, selain itu swich juga lebih unggul kecepatannya ketimbang Hub yang hanya mentok sampai 100Mbps sedangkan Switch mencapai 1 Gbps. Maka tak heran apabila pengguna lebih memilih Switch.

Bentuk umum dari Hub adalah hampir sama dengan Switch yakni berbentuk balok pipih melebar, akan tetapi perbedaannya adalah Hub memiliki port yang lebih sedikit yakni 4 s/d 16 sedangkan Switch memiliki port lebih dari 16 port.

Fungsi Hub


Perangkat Hub berfungsi sebagai perangkat penerima sinyal komputer utama atau bisa disebut dengan server yang menjadikan perangkat ini sebagai titik utama para komputer di jaringan tersebut.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Hub : Pengertian Dan Fungsinya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang apa itu Hub beserta Fungsinya.
Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments