Sunday, October 6, 2019

Inilah Tips Agar Terhindar Dari Virus Ransomeware Atau RAT

Tips Terhindar Ransomeware RAT

Jokam-Informatika.com Apakah sobat menyangka kalau virus bisa sangat berbahaya untuk komputer kita ? oleh karena itu mimin akan berbagi tips supaya terhindar dari Ransomeware dan juga RAT(Ransomeware Administrator Tool). Sehingga, PC sobat pastinya akan selalu sehat dan tidak gampang bermasalah tentunya. Bukan mustahil jika komputer sering kali terkena virus akan berdampak pada perangkat keras sehingga dapat menimbulkan kerusakan secara fisik sehingga menyebabkan perangkat PC tidak dapat digunakan seperti pada umumnya.

Penasaran bagaimana tips supaya terhindar dari virus ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui tips dan caranya,

 

RAT (Ransomeware Administrator Tool) Dibutuhkan cara dan tips jitu agar bisa terhindar dari virus yang satu ini, selain kejam rupanya virus ini bisa digunakan untuk mengintai dan mencuri data penting milik kita. Virus ini merupakan salah satu tool yang digunakan oleh hacker untuk dapat mengetahui seisi dari komputer dengan cara langsung dan juga akurat hanya bermodalkan aplikasi dan jaringan internet. Data yang diambil/diincar oleh hacker juga beranekaragam baik untuk informasi pribadi maupun data publik anda dan juga dokumen penting anda.

Hal tersebut dapat hacker manfaatkan untuk data diri palsu yang diakui olehnya, selain di miliki untuk kepalsuan dirinya juga hacker dapat memperjual data diri anda yang dapat menghasilkan uang diantara lainnya adalah dokumen penting anda yaitu skrip, kartu kredit, management keuangan, akun banking dll sebagainya. Selain itu paling parahnya apabila si hacker benar-benar tidak suka dengan kita maka data yang ia peroleh akan disebar luaskan baik data pribadi anda dan publik kemudian diedit ataupun diunggah secara aseli dan dapat menyebabkan harga diri anda tercemar karena data yang sudah disebar oleh hacker tersebut.

Pada dasarnya RAT masuk kedalam system komputer korbannya karena kelalaian oleh penggunanya sendiri dengan cara membuat suatu aplikasi yang sudah dipasangi malware oleh si hacker agar si korban dapat terkontrol dengan baik.

 

Tips Terhindar Ransomeware Dan RAT

Ada berbagai cara yang dapat kita tempuh untuk mengatasi semua masalah tersebut agar komputer kita menjadi aman dari tangan orang jahil maupun orang yang tak suka dengan kita baik itu haters ataupun hacker.
Berikut ini merupakan cara yang saya rangkum beberapa poin yang penting :

 

1. Migrasi Ke System Linux

System linux dibuat dari berbagai versi, banyak versi yang dapat kita jumpai dari berbagai versi lainnya diantaranya adalah Debian, macintosh, Ubuntu, Redhat, Solaris, Opensuse dan lain sebagainya. Hal ini berbeda dari Windows yang mempunyai versi yang tetap dan tidak dapat diperbarui karena bersifat tetap dan tidak diperjual belikan yang membuat system ini rentan dari serangan karena minimnya orang yang mengotak-atik system windows untuk menguatkan ataupun memberikan fitur agar tidak terseranng.

Karena pada system windows yang berhak mengedit system adalah dari pihak windows sendiri dan client hanya diperbolehkan mengupgrade package yang sudah diberikan oleh windows kepada client agar menjadi aman. Padahal banyak orang yang berkeliaran didunia untuk mengetest system windows yang dapat memberikan sistem keamanan secara langsung dengan versi mereka apabila windows opensource(Boleh untuk dimodifikasi).

Adapun linux sendiri dari debian mempunyai anak versi orang yang ingin membuatnya contohnya backtrack dan kali linux. Sedangkan ubuntu juga dimodifikasi oleh orang yang ingin memodifikasi dan melahirkan OS Parot. Dan masih banyak lainnya versi linux yang dapat diperbarui oleh semua orang yang berminat untuk membuat Operating systemnya sendiri agar memiliki system yang aman versi mereka.

Maka apabila ada hacker ingin meretas maka mereka membutuhkan beberapa cara dari berbagai jutaan Operating System didunia yang dibuat oleh pengembang dan mereka itu juga hacker. Jadi untuk meretas dibutuhkan informasi semua pengembang dari Debian sampai Opensuse semuanya yang tidak terhitung ada berapa pengembang OS. 😀

 

2. Upgrade Antivirus

Antivirus dilahirkan karena pada zaman dahulu manusia mencurigai aktifitas yang tak lazim oleh komputer baik itu virus, retas, dan pelacakan secara luar wewenang. Maka untuk mengatasi hal tersebut maka manusia membuat suatu BOT yang secara otomatis akan mendeteksi program maupun kinerja yang diluar hal yang umum dilakukan komputer pada umumnya.

Dan pada saat ini hacker juga setiap hari bahkan setiap saat terus mencari celah dari antivirus agar bisa melewati hal tersebut. Maka cara terbaik adalah terus mengupgrade secara realtime Antivirus anda menggunakan internet. Maka secara otomatis akan memperbarui dengan cara mengunduh package yang dibutuhkan antivirus anda kedalam server dari Pengembang antivirus secara online. Maka yang memikirkan untuk menutup celah adalah pengembang dan anda hanya ditugaskan untuk mengupgrade saja setiap saat maka hal itu dapat membantu anda dalam mengatasi masalah ini yaitu RAT.

 

3. Jangan Mencoba Membuka Aplikasi Yang Asing

Aplikasi asing yaitu aplikasi yang didapat dari sumber yang tidak umum contohnya adalah web tidak resmi, selain itu ada beberapa aplikasi yang dibagikan oleh teman anda yang memang memiliki nama yang seperti aplikasi asli namun disisipi program malware. Maka anda tetaplah berhati-hati, cara terbaik adalah dengan menscan terlebih dahulu ke website virustotal(dot)com sebelum anda membukannya. Apakah apliksi layak apakah belum untuk anda buka. Karena disana file akan dihadapkan dengan berbagai macam antivirus terkemuka didunia yang pastinya lebih dari 50 aplikasi, Keren bukan ?.

 

4. Rutin Scan Direktori Anda

Dengan menscan direktori anda maka anda dapat mengetahui dimanakah saja file anda yang ada didalam direktory yang korup karena terserang malware. Karena pada dasarnya malware menyerang program penting didalam komputer seperti registry dan deep system komputer. Setelah anda menscan maka dengan otomatis anda akan mengetahui dan dengan langsung anda dapat memperbaikinya dengan antivirus atau program lainnya yang dapat melakukan hal tersebut.

 

5. Simpan File Penting Di Awan

Ini bukan merupakan upaya untuk bisa terhindar dari RAT namun cara ini dapat membantu anda untuk mengamankan file agar apabila anda sudah tidak ada harapan karena sudah terinfeksi komputer anda. Maka anda tidak perlu cemas karena data paling peting anda sudah aman di awan. Maksudnya adalah media penyimapanan online seperti Userscloud, Google Drive, Tusfile, Mediafire dll sebagainya yang dapat menyimpan data anda dengan aman. Anda dapat mengambil kembali setelah komputer anda sudah diperbaiki dan dibersihkan dari virus dengan cara install ulang. Anda tak perlu cemas akan data anda hehe.

 

Itulah tips dari saya dan nomor 5 adalah tips darurat yang dapat anda lakukan apabila nomor satu – empat dapat ditembus oleh hacker maka file anda masih aman dengan cara nomor 5 itu. Semoga dapat bermanfaat dan membantu semua orang yang ingin mengatasi RAT.

 

 

Sudah banyak korban dari RAT sendiri termasuk saya yang sudah termakan ribuan file penting saya di harddisk menjadi enkripsi dan akhirnya musnah semuanya. Saya harap anda tidak mengalami hal yang serupa seperti apa yang pernah saya alami.
Jangan lupa untuk share dan subscribe.
Sekian dan terimaksih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • Tips Agar Tidak Terkena Ransomeware Atau RAT
  • Tips Agar Tidak Terkena Ransomeware
  • Tips Agar Tidak Terkena RAT
  • Tips Terhindar Ransomeware Atau RAT
  • Tips Supaya terhindar dari Ransomeware Atau RAT
  • Cara Agar Tidak Terkena Ransomeware Atau RAT
  • Cara Agar Tidak Terkena Ransomeware
  • Cara Agar Tidak Terkena RAT
  • Cara Terhindar Ransomeware Atau RAT
  • Cara Supaya terhindar dari Ransomeware Atau RAT
  • Agar Tidak Terkena Ransomeware Atau RAT
  • Agar Tidak Terkena Ransomeware
  • Agar Tidak Terkena RAT
  • Terhindar Ransomeware Atau RAT
  • Supaya terhindar dari Ransomeware Atau RAT
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments