Tuesday, October 8, 2019

Cara Membersihkan Laptop Atau Komputer Dengan Benar

Cara Membersihkan Laptop Komputer

Jokam-Informatika.com Sobat pastinya sering mendapati keyboard milik sobat kotor dan berdebu, untuk cara membersihkan keyboard laptop maupun komputer ternyata sangat mudah. Ada beragam cara secara urut berikut ini yang dapat sobat terapkan untuk membersihkan keyboard dengan benar.

Tahukah kalian kalau kebersihan itu sebagian dari iman? apabila kalian adalah seseorang yang beragama yang baik maka kalian sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan baik itu rumah maupun perabotan yang kalian gunakan dan salah satunya adalah komputer ataupun laptop.

Meskipun terbilang cara yang cukup mudah dilakukan, namun apabila sobat asal-asalan membersihkan keyboar maka yang sobat dapatkan malahan masalah lebih parah seperti keyboard menjadi rusak. Oleh karena itu, meskipun terbilang sepele namun teknik yang benar sangatlah penting ketika kita hendak ingin membersihkan perangkat komputer yakni keyboard salah satunya.

Ingin membersihkan keyboard tapi takut rusak ?

Penasaran bagaimana cara membersihkan keyboard yang benar ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih lengkap,

 

Membersihkan Laptop/Komputer –  Harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, agar tidak merusak komponen. Pada tahap ini banyak sekali orang yang seenaknya dalam membersihkan perabotan elektronik mereka sehingga mereka saat melakukannya dapat menyebabkan korsleting ataupun kerusakan pada hardware maupun komponen pada elektronik tersebut. Namun Sebaliknya apabila kalian benar dalam membersihkan nya langkah komponen anda akan jauh lebih awet ataupun bahkan dapat bertahan dengan waktu yang sangat lama.

Berikut ini saya akan membagikan tentang bagaimana sih cara membersihkan laptop ataupun komputer dengan baik dan benar sehingga tidak merusak komponen yang ada pada elektronik tersebut.

 

1. Pastikan Komponen Terbebas Tegangan Arus Listrik

Ini merupakan syarat utama dan kunci pertama di dalam pembersihan Media elektronik karena apabila anda tidak mencopotnya maka yang dikhawatirkan adalah apa yang anda lakukan Dapat meresap ke bagian elektronik yang terbuka sehingga masuk melalui pori-pori dan apabila sumber tegangan tersebut masih berjalan maka dapat menyebabkan konsleting secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kebakaran.

 

2. Gunakan Kain Lembut

Kain yang lembut merupakan syarat agar permukaan elektronik yang kalian berikan menjadi tidak lecet ataupun rusak dikarenakan terkena kain yang sangat kasar pada saat kalian gunakan. Namun apabila kalian menggunakan kain yang lembut maka hal tersebut akan jauh membuat permukaan elektronik tersebut menjadi tidak tergores ataupun tidak rusak.

 

3. Hindari Banyak Menggunakan Cairan

Komponen elektronik merupakan komponen yang didesain dapat membantu pekerjaan manusia namun kekurangan dari komponen ini adalah salah satunya anti terhadap zat yang mengandung air. Bila komponen elektronik ini terkena zat cairan yang lebih dari normal atau melebihi pada umumnya maka bisa menyebabkan konsleting dikarenakan terjadinya arus bolak-balik yang mengandung tenaga listrik. Apabila listrik bertemu dengan air sebuah gangguan arus yang menyebabkan konsleting. Jadi saya sarankan untuk menggunakan cairan secukupnya saja dan saya sarankan menggunakan semprotan yang disemprotkan ke kain lap secukupnya Kemudian dilakukan kebagian elektronik sampai bersih.

 

4. Jangan Menggunakan Cairan Sembarangan

Cairan untuk membersihkan komputer ataupun elektronik lainnya itu merupakan cairan yang berbeda dengan cairan pada umumnya membersihkan kendaraan karena cairan pembersih laptop sudah di desain tidak dapat melukai ataupun merusak permukaan komponen dari komputer ataupun elektronik. Jadi saya sarankan tanya terlebih dahulu kepada kasir ataupun penjaga toko penjual alat-alat elektronik untuk menyeramkan alat pembersih elektronik yang akan kalian gunakan yang terbaik dan juga aman menurut penjual tersebut untuk lebih amannya.

 

5. Bersihkan Secara Hati-Hati

Meskipun kalian sudah melakukannya dengan baik dengan memilih maupun cairan di atas Namun apabila kalian dalam cara membersihkan komponen tersebut secara keras atau terburu-buru maka dapat mengakibatkan kerusakan di antara lain adalah copotnya komponen, tergesernya komponen, rusaknya komponen dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh kasarnya dalam Anda membersihkan komponen tersebut.

 

6. Keringkan Dan Kembalikan

Ini merupakan langkah terakhir dalam membersihkan yaitu dengan cara pengeringan karena sebelumnya sudah kalian bersihkan menggunakan cairan pembersih ataupun lain sebagainya yang dapat menyebabkan completing apabila kalian tidak mengeringkan terlebih dahulu. Karena zat yang masih tersisa meskipun itu sekecil debu maupun embun apabila sudah terkena tegangan arus listrik ketika kalian gunakan makan juga dapat menyebabkan konsleting secara tiba-tiba maka saya sarankan agar untuk dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Dan apabila sudah benar-benar kering maka kembalikan rangkaian seperti utuh kembali sehingga Anda dapat menggunakannya dengan aman dan juga normal seperti sedia kala.

 

 

Itulah yang dapat saya utarakan di dalam artikel yang membahas cara membersihkan laptop atau komputer dengan baik dan benar.
Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca agar lebih memperhatikan cara yang benar dalam membersihkan komponen elektronik mereka.
Sekian dan terimakasih.

 

Kata Kunci Terkait :

  • membersihkan laptop dari debu
  • membersihkan laptop minyak kayu putih
  • membersihkan laptop agar tidak lemot
  • membersihkan laptop dengan vacum cleaner
  • membersihkan laptop asus
  • membersihkan laptop warna putih
  • membersihkan laptop acer
  • membersihkan laptop minyak kayu putih
  • membersihkan laptop tanpa bongkar
  • membersihkan laptop dari semut
  • membersihkan laptop dengan tisu basah
  • membersihkan laptop lemot
  • membersihkan laptop kompresor
  • membersihkan laptop toshiba
  • membersihkan laptop lenovo
  • membersihkan laptop berjamur
  • membersihkan casing laptop
  • membersihkan cpu laptop
  • membersihkan dalaman laptop
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments