Saturday, August 3, 2019

Top 4 Aplikasi Mempermudah Menghafal & Membaca Al-Quran Di Android

Jokam Informatika.com Sobat tahukah tentang keistimewaannya membaca Al-Quran ? Ternyata ada Aplikasi yang mempermudah untuk menghafal Al-Quran. Berhubung sebentar lagi kita akan mendekati bulan suci ramadhan, oleh karena itu saya akan membagikan beberapa cara untuk menambah pahala di bulan yang suci tersebut. Selain sobat mendapatkan pahala sobat juga bisa menghafalkan dan juga melestarikan kitab suci agama islam tersebut agar tidak punah dengan cara menghafalkanya, di sini saya mempunyai beberapa tips dan juga peralatan yang dapat anda gunakan pada bulan tersebut untuk penggaris pahala yang besar.

Kenapa menggunakan handphone android ? apakah hal tersebut benar dan masih tetap mendapatkan pahala ?

Sebenarnya ada berbagai aplikasi yang sudah disetujui oleh majelis ulama indonesia, untuk dijadikan pedoman kitab suci modern agar mudah dibawa kemana-mana dan juga lebih praktis akan tetapi tidak mengesampingkan arti maupun hukum dari bacaan serta tanda baca pada huruf aplikasi tersebut (Seperti aselinya). Sehingga hukum maupun bacaannya sama dengan aslinya dan tidak boleh di manipulasi, maka hal ini menjadikan handphone yang sudah terinstall asi aplikasi al-quran harus di agung kan seperti halnya kita mengagungkan al-qur’an pada umumnya yaitu menempatkan handphone di atas daripada kemaluan (misalkan di saku kemeja atau di saku perut).

Seperti apakah aplikasi tersebut ?

Simak penjelasan artikel dibawah ini,

Menghafal Al-Quran – Allah sudah mempermudah kita dizaman modern karena didukung dengan aplikasi untuk keperluan menghafal Al-Quran. Menghafal adalah sebuah kegiatan yang mana melestarikan kitab suci umat muslim (Islam) supaya dapat diingat dan tidak mudah dimanipulasi oleh banyak orang melalui tulisan yang tidak tepat dengan tulisan aselinya, dengan menghafalkan pula kita dapat merih berbagai pahala yang mengalir di hari biasa dan deras pada bulan suci apalagi di malam Lailatul Qodar yang hanya allah yang mengetahui jumlah pahala yang diberikan kepada hambanya yang membacanya(Al-Quran).

Berbagai hadist besar meriwayatkan bahwa,

” Tidaklah seseorang membaca alif lam mim dalam satu huruf – melainkan membaca alif(1 huruf), lam(1 huruf) dan mim(1 huruf). Dan pada setiap hurufnya diberi kebaikan yang di kali lipat kan 10 pahala “.
(Abu Isa berkata bahwasannya hadist ini adalah Hasan shahih).
-[HR. Tirmidzi No. 2835]

” Sesungguhnya orang yg di dalam dirinya tak ada sedikit pun al-Qur’an ibarat rumah yg runtuh “.
(Abu Isa berkata bahwasannya hadist ini adalah Hasan shahih).
-[HR. Tirmidzi No. 2837]

” Kelak akan dikatakan kepada ahli Al Qur`an; Bacalah & naiklah, kemudian bacalah dgn tartil sebagaimana kamu membacanya ketika di dunia, karena sesungguhnya tempatmu ada pada akhir ayat yg kamu baca “.
(Abu Isa berkata bahwasannya hadist ini adalah Hasan shahih).
-[HR. Tirmidzi No. 2838]

” Pada hari kiyamat, Al Qur`an akan datang kemudian berkata; Wahai Rabb berilah dia pakaian, maka dipakaikanlah kepadanya mahkota kemuliaan, kemudian Al Qur`an berkata lagi; Wahai Rabb, tambahkanlah kepadanya, maka dipakaikan kepadanya pakaian kemuliaan, kemudian berkata lagi; Wahai Rabb ridlailah dia, akhirnya dia pun diridlai, kemudian dikatakan kepada ahli Al Qur`an; Bacalah & naiklah, niscaya akan ditambahkan kepadamu satu pahala kebaikan pada setiap ayat “.
(Abu Isa berkata bahwasannya hadist ini adalah Hasan shahih).
-[HR. Tirmidzi No. 2839]

” Dan apabila seseorang membaca 3x di pagi hari dengan lafadz ” Audzu Billahi Minasyaitoni Rojim ” dengan dilanjutkan 3 ayat terakhir Al-Hasr maka alloh akan mengutus 70.000 malaikat untuk mendoakannya pada pagi sampai sore hari, dan apabila seseorang tersebut mati pada hari itu maka seseorang tersebut akan dihukum mati syahid “.
-[HR. Tirmidzi No. 2846]

Berikut ini adalah aplikasi yang dapat anda gunakan untuk menghafal kitab suci alquran :

 

Al-Quran (Free)

Al-Quran(Free) Versi 3.2.1
Book

Size : (4.1 MB)
System Requirement : Android OS 4.0 +

Distributor oleh www.jokam-informatika.com

Al-Quran(Free) – Adalah sebuah aplikasi yang mirip dengan aslinya seperti halnya kita membuka al-qur’an pada umumnya dengan cara menggugurkan layar ke kiri dan kanan maka kita akan disuguhkan animasi seperti membalikkan nya kertas pada sebuah lagu ruangan, selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio yang mana sudah diisi dengan berbagai murottal para imam besar saudi arabia. Hal ini tentunya akan menunjang anda dalam menghafal nada alquran yang enak didengar.

Pada aplikasi ini anda disuguhkan dengan opsi untuk menampilkan tafsir dari arti yang akan anda baca. Selain itu ukurannya yang cukup ringan membuat memori anda tidak akan terkuras cukup banyak, aplikasi ini memang pada dasarnya tidak tepat apabila digunakan untuk menghafal karena tampilannya yang seperti quran (Al-Quran Arabic) pada umumnya yang tidak mendukung dalam hal pengingat and huruf. Namun aplikasi ini cocok digunakan untuk menderes(membaca) al-quran pada saat bulan romadhon, aplikasi ini memiliki tampilan yang bagus.

Untuk memiliki fitur audio dari imam besar saudi arabia, maka anda diharuskan untuk mendownload audio tersebut sebelum dapat digunakan atau diputar suaranya. Panjang dari surat juga mempengaruhi panjang dari audio sehingga turut mempengaruhi ukuran yang dibebankan pada saat ingin mendownload.

Selain itu aplikasi ini juga dapat menunjukkan bacaan mana yang sedang diputar audionya dengan tanda merah pada kata di ayat tersebut.

 

Quran Hafiz

Quran Hafiz Versi 2.0.11
Book

Size : (17.16 MB)
System Requirement : Android OS 4.0.3 +

Distributor oleh www.jokam-informatika.com

Quran Hafiz – Aplikasi yang berada di posisi kedua adalah bernama Quran Hafiz, aplikasi ini cocok digunakan untuk menghafalkan surat beserta isi dari alquran secara lengkap. Aplikasi ini menjadi tantangan yang sangat ekstrim karena pada saat menghafal anda tidak akan diberitahu awalan huruf dari ayat yang ingin anda hafalkan.

Aplikasi ini tidak menyediakan audio yang biasanya diisi oleh imam besar masjidil haram, namun keunggulan dari aplikasi ini memiliki lingkaran target yang dapat anda acu sebagai penyemangat saat anda ingin menghafalkan surat al quran.

Untuk menggunakannya, anda diwajibkan untuk mendownload gambar kertas yang sudah dipisah pisau oleh pembuat aplikasi sebelumnya. Namun tenang saja, karena gambar yang dimaksud tidak memiliki ukuran yang sangat besar sehingga anda tidak memerlukan begitu banyak waktu sebelum menggunakannya.

Untuk mendownloadnya, akan dibebankan koneksi internet pada android anda. Sehingga sediakan koneksi internet yang cukup untuk mengunduh berkas yang dimaksud.

 

AlQuran Hafalan

AlQuran Hafalan Versi 2.2
Book

Size : (15 MB)
System Requirement : Android OS 4.0 +

Distributor oleh www.jokam-informatika.com

AlQuran Hafalan – Adalah sebuah aplikasi yang cukup lengkap untuk digunakan sebagai aplikasi menghafalkan alquran, di dalamnya anda akan disuguhkan beberapa fitur untuk menandai sampai batas mana anda sudah menghafal dengan adanya presentase setiap ayat pada surat. Apabila anda sudah menguasai betul pada surat biasanya akan memiliki logo atau tanda centang pada surat tersebut.

Selain itu anda juga dapat menandai sampai mana anda membaca alquran, biasanya fitur ini digunakan pada saat anda membaca al-quran seperti biasanya(tidak menghafal). Atau istilah lain adalah penanda halaman alquran yang terakhir dibaca.

Selain itu di dalam menu aplikasi ini juga terdapat target per hari, dari mulai satu ayat perhari sampai 20 ayat per hari.

Pada setiap surat anda akan menjumpai beberapa opsi yang harus dipilih yaitu dua pilihan antara lain Halaman baris Dan Halaman pojok,

  • Halaman baris – Adalah sebuah halaman yang berisi baris per ayat dengan tanda nomor ayat, anda dapat menandai ayat tersebut apabila anda sudah menghafal nya. Pada halaman ini ini memiliki kelebihan yaitu pada awal kalimat terdapat 1 kata yang menjadi petunjuk anda ketika anda sedang menghafalkan, ada petunjuk tersebut biasanya berwarna merah seperti layaknya alquran hafalan yang yang beredar di indonesia.
  • Halaman pojok – Adalah sebuah halaman yang menang memiliki halaman yang bersambung seperti layaknya halaman al-qur’an pada umumnya.

Aplikasi ini juga memiliki kelebihan yaitu terdapat audio yang disuarai oleh imam-imam besar masjidil haram yang cukup lengkap jumlahnya. Pastinya, untuk urusan audio anda diharuskan untuk mengunduh audio yang anda inginkan dengan menggunakan internet yang anda miliki.

Fitur terbaik dari aplikasi ini adalah memiliki fungsi untuk mengetes hafalan anda sampai manakah anda menghafal alquran dengan baik. Setelah anda menjawab semua tes yang disediakan pada surat yang yang anda pilih, maka skor kemampuan menghafal anda akan tampil pada layar android anda disertai dengan saran oleh aplikasi untuk anda didalam penghafalan.

 

Hafidz Quran

Hafidz Quran Versi 1.0.10
Book

Size : (2 MB)
System Requirement : Android OS 4.0 +

Distributor oleh www.jokam-informatika.com

Hafidz Quran – Adalah aplikasi terakhir yang paling ringan dan mudah untuk digunakan, aplikasi ini biasanya cocok digunakan untuk para penghafal yang berkepribadian audiotorial(menghafal dengan mendengarkan). Karena aplikasi ini hanya berguna untuk mendengarkan dan menyimak bacaan yang dilantunkan oleh para imam besar masjidil haram.

Namun bagi anda yang suka dan ingin membaca al-quran menggunakan indra mata maka aplikasi ini kurang cocok bagi anda.

 

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Top 4 Aplikasi Mempermudah Menghafal Dan Membaca Al-Quran Di Android.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara modern menghafalkan alquran.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments