Wednesday, August 21, 2019

Cara Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D

Rotate Object Unity 3D

Jokam-Informatika.com Bagi sobat yang pernah memainkan permainan super mario pastinya sudah tidak asing dengan metode rotate ini, metode rotate object dipakai pada aplikasi unity 3D untuk membuat efek objek perputaran pada sudut 360 derajat.

Hal ini membuat tampilan permainan atau game akan semakin hidup. Selain itu penerapan coding dan pengimplementasian nya pada objek juga terbilang sangat mudah lho… karena tidak memanfaatkan banyak perintah coding. Bahkan anda dapat melakukannya kurang dari 1 menit.

Lalu, bagaimanakah cara membuat rotasi object koin ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya tutorial beserta kodingnya.

 

Rotasi – Atau rotate merupakan salah satu fungsi perputaran object didalam aplikasi unity 3D yang pernah kita pelajari pada saat bangku sekolah pada pelajaran ilmu pengetahuan alam, fungsi rotasi diimplementasikan pada bumi yang selalu berputar pada porosnya. Hal ini juga dipakai pada aplikasi unity dalam membuat sebuah objek dapat berputar dan berotasi layaknya seperti bumi. Perputaran rotasi dapat dikatakan sempurna apabila dapat berputar tidak kurang dari 360 derajat, sedangkan objek koin tentunya harus diam di tempat karena merupakan objek atau benda mati.

 

Rotate Object Unity 3D

Berikut ini adalah tutorial beserta codingnya :

  • Pertama, pada saat anda pada project maka, (1). Klik kanan pada ruang yang kosong pada project. (2). Pilih “Create“. (3). Kemudian pilih script jenis “C# Script“.

C Sharp Script

  • Kedua, pada saat file sudah dibuat maka beri nama pada file dengan nama “Rotate_Coin“.
  • Ketiga, kemudian dobel klik atau buka file untuk mengedit coding yang ada di dalamnya, lalu masukan koding yang ada dibawah ini kedalamnya :
using System.Collections;using System.Collections.Generic;using UnityEngine;public class Rotate_Coin : MonoBehaviour { void Start () { } void Update () {  transform.Rotate (   0,   4,   0  ); }}
  • Keempat, jangan lupa untuk menyimpan coding dengan cara ” CTRL + S ” agar coding tersimpan dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.
  • Kelima, setelah semua langkah diatas sudah anda terapkan maka kembalilah ke dalam aplikasi unity lalu, (1). Pilih script yang sebelumnya sudah kita buat pada langkah di atas, (2). Kemudian drag pada bagian yang kosong bagian inspektor (kanan) atau pada objek koin (atas). Kedua cara ini pada hakikatnya tetap masuk ke dalam objek koin yang kita seleksi.

Script Component

Apabila sudah, maka sobat bisa mencobanya dengan cara memainkan atau memutar game saat itu juga.

Cukup mudah bukan ?

 

Artikel terkait :

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments