Friday, August 16, 2019

Cara Memberi Efek Gravitasi Dan Tabrakan Objek Game Di Unity 3D

Efek Gravitasi Tabrakan Unity 3D

Jokam-Informatika.com Sobat mungkin sudah tidak asing dengan istilah “Gravitasi” atau sebuah “Tabrakan” terutama pada bumi di waktu pelajaran sekolah bangku dasar, lebih tepatnya massa sebuah benda mempengaruhi/memberi efek jatuhnya objek tertentu menuju ke bawah yaitu tanah dengan melawan arus daripada massa udara itu sendiri.

Nah selain itu, metode ini juga diterapkan pada aplikasi untuk membentuk sebuah fungsi karakter atau benda objek lainnya yang ada di dalam game supaya bisa jatuh layaknya gravitasi bumi terhadap benda padat.

Lalu, bagaimanakah cara memberikan efek gravitasi terhadap karakter didalam game ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih banyak,

RigidBoody 2D – Adalah salah satu fungsi tools yang ada di dalam aplikasi unity 3D untuk Memberi sebuah Efek Gravitasi Dan Tabrakan pada objek yang diseleksi dan diberi option. Pada dasarnya semua objek tidak memiliki option dan hanya memiliki option dasar dari posisi benda, apabila anda ingin menambahkan opsi ini supaya objek yang anda kehendaki bisa jatuh ketika game sedang dimainkan terutama untuk karakter utama pada game yang biasanya makhluk hidup secara umum memiliki berat badan.

Sedangkan tabrakan bukan berarti dua atau lebih kendaraan yang saling beradu kepala, akan tetapi dua atau lebih objek yang saling bertabrakan sehingga menimbulkan gaya tolak pada keduanya atau lebih. Objek tersebut biasanya menggunakan metode tools “Collider“.Tanpa adanya Collider maka dua atau lebih objek tidak dapat melakukan benturan, dan biasanya akan menembus objek lain ketika keduanya saling bersinggungan. Sedangkan bentuk dari collider sendiri beraneka ragam mulai dari persegi, lingkaran, kapsul dan juga lain sebagainya sesuai dengan selera pembuatnya.

Untuk menerapkannya metode ini ke dalam project kalian maka sobat bisa melakukannya seperti berikut ini :

 

1. Memberi Efek Gravitasi (RigidBoody 2D)

Apabila sobat sebelumnya sudah mengimpor asset ke dalam project dan menge-drag assets kedalam editor tab sehingga menjadi objek, Maka sobat bisa menerapkan opsi ini kedalam objek karakter sobat. Berikut ini adalah caranya :

  • Pertama, Pastikan sahabat sudah menyeleksi karakter yang sobat inginkan. Misalnya, pemeran utama ataupun musuh dari karakter dan juga benda-benda yang membutuhkan gravitasi tentunya.
  • Kedua, Pilihlah “Add Component“.

Add Component Unity 3D

 

  • Ketiga, Jika sudah maka pilihlah “Physics 2D“.

Physics Unity 2D

 

  • Keempat, Setelah itu pilih “RigidBoody 2D“.

Rigidbody Unity 2D Gravitasi

 

  • Kelima, Maka nantinya opsi atau komponen RigidBoody akan masuk ke dalam karakter atau objek yang sobat seleksi. Jangan lupa untuk mencentang posisi sumbu “Z” agar posisi RigidBoody dari karakter tetap stabil tegak(freeze) dan tidak menggelinding ketika dijalankan.

Inspector Tab RigidBody Unity 3D

Menembus objek tanah dan menghilang alias jatuh kebawah ?

Sebenarnya ada komponen yang harus dimiliki agar posisi karakter benda dapat terjatuh, tertahan atau tertabrak pada objek lainnya seperti tanah. Maka untuk menerapkannya anda harus menambahkan komponen berikut ini kedalam karakter juga objek tanah pula.

 

2. Efek Tabrakan (Collider 2D)

Seperti yang sudah saya utarakan, bahwa fungsi komponen ini diperlukan untuk menangani tabrakan atau penahanan sebuah objek agar tidak menembus objek lainnya. Seperti halnya gravitasi ataupun tabrakan. berikut ini adalah caranya :

  • Pertama, Pastikan sobat sudah menyeleksi karakter. Misalnya, pemeran utama, musuh dari karakter dan benda-benda yang mengalami tabrakan dengan berbagai objek.
  • Kedua, Pilihlah “Add Component“.

Add Component Unity 3D

 

  • Ketiga, Jika sudah maka pilihlah “Physics 2D“.

Physics Unity 2D

 

  • Keempat, Lalu sobat akan disuguhkan berbagai komponen collider yang saya beri kotak berwarna merah dibawah, Pilihlah sesuai dengan karakteristik objek. Misalnya, apabila bentuk objek sobat lingkaran, maka penggunaan yang cocok adalah circle(lingkaran), persegi (box) dan lain sebagainya.

Collider 2D Unity 3D Tabrakan

 

  • Kelima, Setelah itu nantinya objek akan masuk ke komponen dan terpampang pada inspector di bagian kanan editor seperti halnya RigidBoody sebelumnya.

 

Artikel terkait :

 

 

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan pada artikel berjudulkan Cara Memberi Efek Gravitasi Dan Tabrakan Objek Game Di Unity 3D.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain tentang Memberi Efek Gravitasi Objek Game Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments