Friday, September 21, 2018

Tagging input Formmethod Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <input> Formmethod Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging input Formmethod Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Tahukah kalian formulir online didalam website ? Formulir tersebut memiliki fungsi untuk pengunjung agar mengisikan biodata baik itu umum sampai kepada yang lebih mendetail sekalipun untuk kebutuhan informasi server pada saat ingin memproses permintaan kita seperti ingin menjadi anggota, ingin beli online, ingin melakukan transaksi, melakukan komentar dan lain sebagainya. Nah, pada saat kita sedang klik tombol kirim maka ada beberapa atribut yang memang ditugaskan untuk memproses permintaan pengguna.

Nah, salah satu atribut yang dimiliki Tag Input adalah "Formmethod".

Seperti apakah fungsi dari Atribut Formmethod pada Tag Input pada HTML ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Formmethod - Adalah salah satu atribut yang dimiliki oleh tag Input pada HTML dan memiliki fungsi untuk pemrosesan data saat sedang dikirim atau di terima. Prosesnya sendiri memiliki 2 kategori yakni mengirim "POST" dan meminta "GET", keduanya sama-sama dibutuhkan dan sangat penting untuk kelangsungan kinerja formulir dalam website saat menangani permintaan pengunjung. Akan tetapi terdapat sebuah kesulitan apabila anda ingin menerapkan sistem Kirim - Terima dalam satu form. Maka, atribut ini paling membantu untuk menganani kedua masalah tersebut.

Apabila sobat ingin menerapkannya pada website kalian maka sobat dapat mempelajari cara pengkodean di bawah ini :


Syntax :

<input formmethod="Value">

Penerapan Syntax :


<form action="#" method="get">
 Email : <input type="email" name="email"><br>
 Password : <input type="password" name="pass"><br>
 <br>
 <input type="submit">
 <input type="submit" formmethod="post" value="Kirim via POST">
</form>


Value Formmethod Input :

No.

Value

Fungsi

1
get
Berfungsi untuk mendefinisikan sebuah fungsi untuk meminta data melalui URL yang ada pada browser ketika proses sudah dikirim, bentuk umumnya misalkan adalah "URL_Website?name=value&name=value".
2
post
Berfungsi untuk mendefinisikan sebuah fungsi untuk mengirim sebuah biodata ataupun informasi kepada server tanpa adanya indikasi informasi data kepada URL atau browser sehingga dipercaya berbeda dan aman.


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <input> Tagging ?
Klik disini : Tagging <input> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <input> Formmethod Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <input> Formmethod HTML.
Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments