Monday, July 2, 2018

Tagging a Target Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <a> Target Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging <a> Target Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Jokam-Informatika.com - Sebelumnya sobat tentunya sudah pernah mempelajari tentang salah satu tag content yang digunakan pada pemrograman HTML yaitu <a>, yang mana ia dapat difungsikan sebagai addressing tag dan dapat mengarahkan seorang pengunjung yang sudah mengklik tulisan untuk memproses atau mengarahkan pengunjung ke halaman yang lainnya.

Tak hanya itu saja, ternyata pada tag <a> memiliki fitur lainnya yang dapat berguna untuk membentuk sebuah halaman khusus yang berguna untuk menampilkan sebuah halaman tersebut, halaman tersebut bisa berupa halaman yang berkaitan ataupun halaman baru pada browser.

Attribute ini bernama Target dan bekerjasama dengan <a> yang berguna untuk mendeklarasikan bagaimanakah cara pengunjung dapat melihat konten yang akan dilihatnya pada tab browser.

Jadi, seperti apakah bentuk dari Target itu ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Target - adalah salah satu metode dalam bahasa pemrograman HTML untuk menentukan sebuah target tab(tempat halaman) yang berguna untuk menjadi wadah konten agar pengguna dapat membaca ataupun melihat konten secara langsung pada browser mereka. Nah, target sendiri berfungsi untuk menentukan di bagian manakah konten ditempatkan. Pada opsinya, target memiliki 3 cara yakni untuk berjalan di tab baru, tab frame yang berbeda atau tab yang sama.

Memang fungsinya sangat sederhana akan tetapi metode ini sangat di butuhkan bagi seorang administrator website agar halaman pada website miliknya saat di klik bagian tertentu akan melakukan proses target tab tertentu yang mana metode tersebut bertujuan agar pengunjung tidak kehilangan jejak halaman sebelumnya yang dirasa penting dan berkaitan dengan tab baru.

Berikut ini merupakan cara penerapannya :


Syntax :

<a target="value">

Penerapan Syntax :


<a href="https://www.jokam-informatika.com/" target="_blank">JOKAM INFORMATIKA</a>


Attribute Target Value :

No.

Value

Fungsi

1
_blank
Berfungsi agar ketika pengunjung mengeksekusinya maka akan terbuka tab baru pada browser dengan isi konten yang terkait dengan alamat.(New tab)
2
_self
Berfungsi agar ketika pengunjung mengeksekusinya maka akan terbuka pada tab yang sama ketika mengeksekusinya(default).(Same tab)
3
_parent
Berfungsi agar ketika pengunjung mengeksekusinya maka akan terbuka pada tab induk ketika mengeksekusinya.(Same tab)
4
_top
Berfungsi agar ketika pengunjung mengeksekusinya maka akan terbuka pada tab full serupa.(Same tab)
5
framename
Berfungsi agar ketika pengunjung mengeksekusinya maka akan terbuka pada tab baru yang memiliki frame yang berbeda dengan frame awal terjadinya eksekusi, namun jika sudah ada frame yang sama maka ia hanya tinggal memuat ulang frame yang mirip dengan frame miliknya.(Frame)


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <a> Tagging ?
Klik disini : Tagging <a> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <a> Target Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML. Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <a> Target HTML. Sekian dan terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments