Saturday, November 11, 2017

Apa Itu Hardware Komputer

Apa Itu Hardware Komputer





Hardware - Mungkin bagi kalian yang sudah menggeluti komputer ataupun device sudah tau menau tentang istilah yang satu ini, namun untuk anda yang awam dan asing dengan istilah tersebut mungkin akan sangat bingung dan tidak tahu tentang hal tersebut.
Hardware sendiri diambil dari kata dari bahasa inggris yang berartikan Perangkat Keras.
Dalam istilah ini bukan berarti perangkat yang mempunyai bentuk dan permukaan yang keras, namun permukaan dan bentuk yang dapat diraba contohnya adalah :

1. Monitor
Monitor di kategorikan sebagai perangkat keras karena pada bentuk umumnya mempunyai tekstur dan permukaan yang dapat diraba dengan jelas oleh tangan kita. sedangkan fungsi utama dari monitor adalah sebagai media untuk menampilkan hasil dari kinerja CPU didalam komputer kita. sehingga kita dapat meraba dan melihat hasil yang ditampilkan oleh monitor kepada kita.

2. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan salah satu perangkat yang sangatlah penting sekali karena ibaratkan anggota badan, maka CPU adalah ibaratkan otak bagi tubuh kita. karena dengan adanya otak CPU tersebut dapat menjadikan organ lainnya dapat bekerja selayaknya perangkat komputer. adapun isi dari CPU banyak sekali dari yang biasa kita ketahui yang terkumpul dari beberapa hardware yaitu :
  • CD ROM 
adalah salah satu hardware yang dapat kita gunakan untuk memutar atau membaca dari dalam kaset kita contoh Musik, Data, Program dll sebagainya.
  • RAM
Ram adalah komponen yang bertugas menanggung beban kinerja otak dan menyimpannya kedalam cache agar saat komputer mati dan dinyalakan kembali maka data dapat muncul kembali contoh adalah tulisan di microsoft word tidak hilang sebelum di save.
  • Hard Disk
Adalah salah satu komponen yang ada didalam CPU yang tujuannya digunakan untuk menyimpan data penggunanya agar dapat dilihat dan di salin di suatu waktu.
  • Heatsink
Merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk mengurangi suhu yang panas dari prosessor menjadi lebih dingin. sedangkan bentuk dari prosessor sendiri adalah seperti kipas angin dan mempunyai media tempat. dan dibagian bawah dari heatsing biasanya terdapat pasta yang agar mempercepat proses pendinginan.
  • Prosessor
Prosessor merupakan inti dari otak yaitu hardware yang membantu untuk menjalankan berbagai program didalam komputer, ibaratkan adalah RAM sebagai pengingat dan Prosessor sebagai Tenaganya. nah apabila didalam CPU(Otak) Terdapat RAM dan prosessor yang baik maka kinerja komputer menjadi ringan karena prosessor dan cepat karena RAM cepat berfikirnya karena memiliki kapasitas besar.

Sebenarnya masih banyak hardware yang ada dialam CPU yang belum diketahui banyak orang namun saya hanya menjelaskan yang umum saja diatas, sisanya bisa anda cari di sumber lain karena mengingat sangat banyak didalam CPU seperti IC, Power Suply, Motherboard, Socket, Port, dll sebagainya.

3. Mouse
Mouse merupakan salah satu gandengan yang paling cocok untuk windows yang GUI(Ghrapical User Interfaces) karena GUI memanfaatkan tampilan untuk menjalankan suatu kinerjanya dengan kolaborasi klik dari mouse, adapun system CLI tidak menggunakan mouse melainkan baris perintah seperti Linux OS CLI(Command Line Interfaces).

4. Keyboard
Merupakan salah satu perangkat yang berguna untuk memasukan inputan dari user baik itu untuk GUI maupun CLI karena pada dasarnya Operating System tidak akan afdol apabila tidak dikombinasikan oleh huruf dan angka dalam menjalankannya, lalu menggunakan apa ? hehe wajib lho gaes keyboard itu.

5. Kabel
Kabel merupakan salah satu komponen utama sumber daya dari listrik ke komputer kita dapat berjalan, apabila komputer kita tidak mendapatkan daya dari listrik maka komputer sama saja tidak mendapatkan nyawa untuk menyala. maka harus mendapatkan energi baik itu dari listrik langsung maupun dari baterai yang berisi arus listrik agar komputer dapat beroperasi.


Itulah kelima hardware yang dapat saya sampaikan secara umum beserta hardware yang ada didalam CPU sebagai bonus.
Semoga dapat memberikan manfaat dan ilmu yang bermanfaat bagi anda agar anda lebih mengetahui dan tahu tentang istilah Hardware tersebut.
Sekian dari saya dan Terimakasih




Kata Kunci Terkait :
  • Apa sih itu Hardware?
  • Hardware itu apa?
  • Pengertian Hardware
  • Pengertian Hardware Secara Lengkap
  • Pengertian Hardware Komputer
  • Hardware Komputer Pengertian
  • Pengertian Lengkap Hardware
  • Istilah Hardware
  • Istilah Hardware Komputer
  • Apa Hardware ?
  • Apa itu Hardware ?
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments