Friday, December 29, 2017

Pengertian IP Address Lengkap

Pengertian IP Address Lengkap





IP Address - adalah suatu digit dari penamaan alamat dari komputer agar dapat saling terhubung dengan baik dengan sesama komputer ataupun berbeda device dengan perangkat luar jaringan, IP address sendiri memiliki 4 blok dan digolongkan menjadi 4 kelas.
pada bagian jaringan adalah Net ID dan bagian untuk perbedaan device adalah Host ID. seperti perumpamaan Nama jalan adalah Net ID dan Nomor rumah adalah Host ID.

Untuk mengetahui suatu IP Komputer harus memerlukan cara tertentu untuk Mengetahui IP Address suatu komputer.
adapun penggolongan kelas adalah sebagai berikut ini :

Kelas A
pada kelas A jumlah 8 bit pertama adalah sebagai Network ID dan 24 bit selanjutnya adalah sebagai Host ID dan kelas A memiliki Network ID dari 0 sampai dengan 127.


Kelas B
pada kelas B jumlah 16 bit pertama adalah sebagai Network ID dan 16 bit selanjutnya adalah sebagai Host ID dan kelas B memiliki Network ID dari 128 sampai dengan 127.


Kelas C
pada kelas C jumlah 24 bit pertama adalah sebagai Network ID dan 8 bit selanjutnya adalah sebagai Host ID dan kelas C memiliki Network ID dari 192 sampai dengan 223.


Kelas D
Sedangkan IP pada kelas D sendiri digunakan untuk Multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP address yang bisa digunakan adalah dari 224.0.0.0 s/d 239.255.255.255.


Kelas E
IP Address E memiliki range dari 240.0.0.0 s/d 254.255.255.255, IP Address tersebut digunakan untuk kebutuhan eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.



Mungkin cukup sekian dari pembahasan Pengertian IP Address Lengkap.
Semoga dapat menambah wawasan anda tentang IP Address dengan baik
Apabila ada kekurangan bisa memberi masukan ke kolom komentar dibawah dengan baik dan sopan.
Sekian dan Terimakasih.
Load Disqus Comments Hide Disqus Comments