Saturday, November 9, 2019

Mail Server : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap

Mail Server

Jokam-Informatika.com Mungkin kalian sudah pernah mendengar tentang mail server, kalian juga pasti sering menggunakan akun email untuk mengirim pesan kepada kerabat maupun teman kalian bukan ?. Akan tetapi apakah kalian sudah paham tentang apa itu yang dinamakan mail server ?.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan anda beberapa pengetahuan tentang pengertian, fungsi dan juga cara kerja dari mail server.

Seperti apakah Mail Server itu ?

Simak ulasan artikel saya di bawah ini,

 

Mail Server – adalah salah satu terobosan terbaru yang bergerak dibidang pengiriman pesan melalui media elektronik yaitu internet. Selain itu server ini juga difungsikan pada biznet untuk menyediakan layanan berupa ftp.

Program server dapat dijalankan pada sebuah komputer yang dioperasikan oleh seorang programmer yang khusus menangani perpesanan online(mailer) disebut “post master“.

Sedangkan seorang post master memiliki beberapa tugas untuk mengelola server di dalam komputer yaitu mengelola akun, monitoring aktivitas dan mengawasi secara administrator. Adapun jenis protokol yang digunakan oleh mail server diantaranya adalah SMTP, PoP3 dan IMAP.

 

Protokol Mail Server

  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email.
  • POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shell mesin server tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.

 

Fungsi Mail Server

Memiliki fungsi sebagai pengatur ataupun penerima dari saluran data respon email ke luar maupun masuk dari para pelanggannya. Oleh karena itu dengan adanya server ini maka pelanggan dapat dengan mudah mengirim pesan atau pun menerima pesan secara gratis. Server ini sendiri merupakan perkembangan dari pesan instan sms, namun perbedaannya adalah bahwa imel dikerjakan oleh server secara online sehingga hal ini tidak akan memakan biaya pulsa di handphone anda akan tetapi anda harus menanggung biaya internet sehingga anda akan dikenakan kuota.

 

Pengertian Port

Port merupakan socket atau male port, port ini terletak pada bagian hardware server yang berguna untuk tempat saluran kabel dan juga dapat berfungsi sebagai transmitter data. Ada empat jenis port jaringan yaitu Port serial, Pararel port, Port SCSI dan Port USB.

 

Cara Kerja Mail Server

Setelah kamu mengetahui di atas, maka kini anda dapat mengetahui tentang bagaimana sih kinerjanya.

Pada tahap awal pengirim akan menulis pesan yang diinginkan lalu mengirimnya ke dalam server melalui port smtp, kemudian server akan memproses permintaan anda yang di dalamnya terdapat alamat email tujuan dan juga pesan anda. Setelah server sudah menyetujui permintaan anda secara networking maka server akan mengirimkan data yang anda kirimkan tersebut untuk ditujukan kepada pengguna yang dimaksud, kemudian pesan akan masuk ke dalam akun email yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Setelah sampai maka penerima diwajibkan untuk memeriksa akun email yang bertujuan untuk melihat pesan yang anda kirim. Akun email anda akan menampilkan data yang sudah anda kirim melalui browser penerima dengan menggunakan bahasa html agar dapat tampil pada browser.

Banyak penyedia service email secara gratis, biasanya mereka memberikan batasan maksimum atau bisa dikatakan limit per hari untuk transaksi pesan elektronik anda. Apabila anda ingin memiliki service email yang tidak ada batasan nya atau unlimited maka anda dapat membelinya menggunakan uang anda. Anda akan menemukan fitur premium yang dapat anda nikmati dari penyedia layanan email tersebut.

 

 

Mungkin cukup sekian penyampaian di dalam artikel saya yang berjudulkan Mail Server : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain.
Sekian dan terima kasih

Load Disqus Comments Hide Disqus Comments